Berita Jepara

Siapkan Anggaran, Pemkab Jepara Dukung Kesejahteraan Lansia

Pemkab Jepara memiliki berbagai program dan kebijakan agar kesejahteraan dan pemberdayaan lansia tetap berlanjut.

Dok. DISKOMINFO Jepara
Plt. Asisten I Sekda Jepara Ahmad Junaidi membacakan sambutan Plt. Bupati Jepara Edy Supriyanta saat membuka acara Sosialisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Eksistensi Lansia di Kabupaten Jepara, di Pendopo RA Kartini, Rabu, 28 September 2022. 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara mendukung kemandirian orang lanjut usia meski Komisi Nasional Lanjut Usia dibubarkan.

Pembubaran itu tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2020 tentang  pembubaran sepuluh lembaga non struktural.

Setelah lembaga tersebut dibubarkan, maka harus ada pihak yang memikirkan dan menyuarakan kepentingan lansia.

Baca juga: UPDATE. Dua Lansia Asal Pati Alami Kecelakaan Maut Semarang,Pikap Tabrak Mahoni, Satu Tewas

Hal tersebut disampaikan Plt. Asisten I Sekda Jepara Ahmad Junaidi membacakan sambutan Plt. Bupati Jepara Edy Supriyanta saat membuka acara Sosialisasi Peran Pemerintah Daerah dalam Eksistensi Lansia di Kabupaten Jepara. Yang dihadiri pengurus lansia se-Kabupaten Jepara, di Pendopo RA Kartini, Rabu, 28 September 2022.

Dalam kegiatan ini juga menghadirkan dua narasumber, yakni Kepala Bapedda Jepara Subiyanto, dan Kasi Rehabilitasi Sosial Dinsospermasdes Iman Bagus Sesulih.

Ahmad Junaidi mengatakan pemerintah sebagai regulator diharapkan mampu memunculkan berbagai program dan kebijakan agar kesejahteraan dan pemberdayaan lansia dapat terus berlanjut.

Baca juga: Tim SAR Temukan Lansia Yang Hanyut di Pantai Kaibon Pada Hari Ketiga

Selain itu, lansia adalah aset berharga bagi kemajuan bangsa dan perlu diberi kesempatan untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional. 

“Peran lansia perlu kita tingkatkan dan kita daya gunakan seoptimal mungkin serta kita asah segala potensinya sehingga dapat tercipta kemandirian dan kesejahteraan lansia,” katanya.

Ahmad Junaidi menambahkan, menjadikan lansia berdaya dan sejahtera bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah semata, melainkan juga tanggung jawab berbagai pihak.

Sementara itu, Kasi Rehabilitasi Sosial Dinsospermasdes Iman Bagus Sesulih saat mengisi acara mengyampaikan, pemkab jepara memberikan berbagai fasilitas dan bantuan kepada lansia.

Antara lain, Bantuan Sosial PKH, Pelayanan Rehabilitasi Bagi Lansia PPLSU (Pantai Pelayanan Lanjut Usia) Potroyudan, bantuan pemakaman, kegiatan bimbingan dan fasilitasi.

Kepala Bapedda Jepara Subiyanto menyampaikan, pemberdayaan lansia tidak hanya diarahkan kepada lansia non potensial, namun diarahkan pula pada lansia potensial, Terakomodir dalam dokumen perencanaan dan dukungan penganggaran.

Serta sinergitas program kegiatan lintas sektoral pada OPD teknis dalam penanngaan lansia, dan mendorong pada peningkatan fasilitas publik atau pelayanan umum yang ramah lansia dan difabel. 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved