Berita Semarang

Dr Stefan Paparkan Keuntungan Magang dan Studi di Jerman pada Mahasiswa Fak. Ilmu Budaya Udinus

Dr Stefan Dreyermemaparkan kelebihan dan keuntungan magang dan studi di Jerman.

Penulis: amanda rizqyana | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Amanda Rizqyana
Dr. Stefan Dreyer, Direktur Goethe Institute Indonesia dan Direktur Regional Kawasan Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru memaparkan kelebihan dan keuntungan magang dan studi di Jerman di hadapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kota Semarang di Auditorium Lantai 7 Gedung H Kampus Udinus Jalan Imam Bonjol Nomor 207 Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang pada Kamis (29/9/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dr Stefan Dreyer, Direktur Goethe Institute Indonesia dan Direktur Regional Kawasan Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru memaparkan kelebihan dan keuntungan magang dan studi di Jerman.

Ia memaparkan materi di hadapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kota Semarang di Auditorium Lantai 7 Gedung H Kampus Udinus Jalan Imam Bonjol Nomor 207 Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang pada Kamis (29/9/2022).

"Belajar di Jerman memiliki kualitas pendidikan yang baik, biaya pendidikan rendah, orientasi pendidikan berdasarkan praktik, kesempatan emas di masa depan untuk mengembangkan diri dan karier, keamanan sosial dan politik, beragam mahasiswa internasional di Jerman, kesempatan kerja paruh waktu, dan biaya hidup rendah," terang Dr. Stefan dalam Bahasa Inggris di hadapan khalayak.

Dr. Stefan Dreyer, Direktur Goethe Institute Indonesia dan Direktur Regional Kawasan Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru memaparkan kelebihan dan keuntungan magang dan studi di Jerman di hadapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kota Semarang di Auditorium Lantai 7 Gedung H Kampus Udinus Jalan Imam Bonjol Nomor 207 Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang pada Kamis (29/9/2022).
Dr. Stefan Dreyer, Direktur Goethe Institute Indonesia dan Direktur Regional Kawasan Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru memaparkan kelebihan dan keuntungan magang dan studi di Jerman di hadapan mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Kota Semarang di Auditorium Lantai 7 Gedung H Kampus Udinus Jalan Imam Bonjol Nomor 207 Pendrikan Kidul, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang pada Kamis (29/9/2022). (Tribun Jateng/Amanda Rizqyana)

Ia mengaku senang melihat antusiasme dari para mahasiswa Udinus yang ingin melakukan magang dan sekolah di Jerman dan mengingatkan untuk merealisasikan cita-cita tersebut, wajib menguasai Bahasa Jerman.    

“Kami harap mahasiswa Udinus dapat melakukan magang dan bekerja disana. Nantinya mahasiswa yang bergabung melakukan magang hingga bekerja di Jerman akan berlangsung sekitar tiga tahun,” ungkap Dr. Stefan.

Ia memberikan informasi mengenai proses hingga budaya magang di Jerman hingga testimoni alumni yang pernah magang maupun belajar di Jerman.

Kegiatan ini merupakan Seminar Internasional bertajuk 'Work & Internship Opportunities in Germany for University Students'.

Seminar internasional ini menghadirkan tiga narasumber yakni Dr. Stefan Dreyer, Ulrike Drißner selaku Kepala Bagian Bahasa Goethe Institute, dan M Reza Nurhardyansyah selaku Asisten Program Kemitraan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Industrie und Handelskammer (IHK) Trier Jerman.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Udinus Dr. Raden Arief Nugroho, S.S., M.Hum., menjelaskan bahwa kegiatan Seminar internasional memberikan ilmu dan informasi yang berguna kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Udinus.

Nantinya mereka dapat melihat peluang bekerja dan magang di Jerman yang ternyata luas dan kaya akan ilmu-ilmu baru.

Dalam seminar ini mereka juga dijabarkan secara terperinci peluang-peluang yang dapat dicapai oleh mereka.

“Kegiatan ini menjadi ilmu yang sangat berguna bagi para mahasiswa kami. Para mahasiswa akan mengetahui bagaimana peluang kerja di luar negeri yang ternyata sangat luas khususnya di dunia perhotelan,” terang Dr. Raden.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor IV Bidang Riset dan Kerjasama Udinus, Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom.,menyambut baik dengan adanya seminar internasional dan kerjasama yang telah disepakati antara Udinus dengan Kadin Jateng.

"Nantinya Kadin Jawa Tengah dan IHK Trier akan menjembatani para mahasiswa untuk menempuh magang dan bekerja di Jerman," ungkap Dr. Pulung.

Untuk memberikan kesempatan yang lebih terbuka dan juga wawasan tentang Jerman yang lebih komprehensif, pihaknya juga mengundang Goethe institute untuk datang ke Udinus agar para mahasiswa kami tertarik untuk belajar di Jerman.

Kegiatan itu juga terdapat penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Udinus dengan Kadin Jawa Tengah.

MoU tersebut ditandatangani oleh Wakil Rektor IV Bidang Riset dan kerjasama, Dr. Pulung Nurtantio Andono S.T, M.Kom., dan Ketua Kadin Jawa Tengah, Harry Nuryanto. (*)

 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved