Berita Semarang

Keren, Mahasiswi Unika Raih Juara 3 Sayembara Nasional dan Juara Harapan Sayembara di Jawa Timur

Mahasiswi Unika Raih Juara 3 Sayembara Nasional Kawasan Penunjang Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya dan Juara Harapan Sayembara Monumen

Penulis: amanda rizqyana | Editor: Catur waskito Edy
Tribun Jateng/Amanda Rizqyana
Elliza Widya dan Jessica Caroline, dua mahasiswi angkatan 2019 Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berhasil meraih juara 3 Sayembara Nasional Kawasan Penunjang Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya dan Juara Harapan Sayembara Monumen Reog Ponorog pada Tribun Jateng, Kamis (29/9/2022) di Ruang Rapat Lantai 5 Gedung Hendricus Constant Kampus Unika Bendan Dhuwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dua mahasiswi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang berhasil meraih juara ketiga Sayembara Nasional Kawasan Penunjang Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya dan Juara Harapan Sayembara Monumen Reog Ponorogo.

Kompetisi yang telah diselenggarakan pada Agustus 2022 oleh Krearture dan Pemerintah Kota Surabaya tersebut diikuti oleh Elliza Widya dan Jessica Caroline, mahasiswi angkatan 2019 Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD).

Elliza menyampaikan, kompetisi tersebut telah dimulai pada Kamis (23/6/2022), namun ia baru mendaftarkan sepekan sebelum batas pengumpulan tenggat akhir yakni Senin (8/8/2022).

"Ternyata kami lolos tahap seleksi hingga tahap 5 besar dan berkesempatan untuk presentasi secara daring (dalam jaringan, red)," ungkapnya pada Tribun Jateng, Kamis (29/9/2022) di Ruang Rapat Lantai 5 Gedung Hendricus Constant Kampus Unika Bendan Dhuwur, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang.

Elliza menambahkan, dirinya mendapat undangan sebagai finalis untuk mempresentasikan kembali di hadapan Eri Cahyadi, selaku Walikota Surabaya pada Selasa (23/8/2022).

Ia menceritakan desainnya tersebut berkaitan dengan Ampel yang dapat dioptimalkan sebagai kawasan wisata religi dengan mendesain ulang dan menghilangkan beberapa bangunan.

"Kami ingin melalui desain yang kami rancang, Kawasan Religi Ampel menjadi bermanfaat bagi masyarakat dan pengunjung," tambah Elliza.

Menambahkan keterangan Elliza, Jessica menyatakan Kota Surabaya lekat dengan perkotaan.

Desain yang keduanya ciptakan diharapkan bisa memberikan sesuatu yang berbeda dengan menghadirkan hutan kecil di tengah kepadatan kota tersebut.

Ia ingin menghadirkan kawasan religi berkonsep penghijauan melalui desain yang dibuat sebagai penunjang dan fasilitas Kawasan Ampel.

Kebermanfaatan desain diharapkan dapat menghadirkan ruang untuk pengelola Kawasan Ampel, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), museum, pendidikan, pameran, hingga perkantoran.

"Tantangannya bagaimana menata banyak bangunan yang ada dalam satu kawasan," terang Jessica.

Sementara itu, Desain Singo Mandala lolos sebagai Juara Harapan Sayembara Monumen Reog, Ponorogo.

Sayembara tersebut diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Ponorogo melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga bersama Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jawa Timur.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved