Tragedi Kanjuruhan Malang

Sosok AKBP Ferli Hidayat, Dicopot Sebagai Kapolres Malang, Dua Pekan Sebelumnya Dipuji Bobotoh

Jabatan Kapolres Malang selanjutnya akan diemban AKBP Putu Kholis Aryana, yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priuk Polda Metro Jaya.

Editor: deni setiawan
POLRES MALANG
Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat. 

TRIBUNJATENG.COM, MALANG - Pujian Aremania dan Bobotoh terhadap Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat seakan-akan secara mendadak luntur pasca Tragedi Kanjuruhan Malang pada Sabtu (1/10/2022) malam itu.

Awalnya dia mendapatkan banjir pujian dari para suporter baik sebelum hingga sesudah laga Arema FC Vs Persib Bandung.

Namun, khusus dalam laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya, justru dirinya terkena sanksi pencopotan dari jabatannya sebagai Kapolres Malang.

Kini, AKBP Ferli harus berada di Jakarta, di Pamen SSDM Polri.

Baca juga: Arema FC dan Aremania Adalah Keluarga, Pemain Tabur Bunga di Stadion Kanjuruhan Malang

Baca juga: Buntut Tewasnya Ratusan Aremania, Kapolres Malang Dicopot

Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat resmi dicopot dari jabatannya seusai Tragedi Kanjuruhan Malang pada Sabtu (1/10/2022).

AKBP Ferli dianggap gagal mengamankan pertandingan kompetisi sepak bola Liga 1 2022-2023 Arema FC Vs Persebaya Surabaya yang mengakibatkan 125 orang meninggal dunia serta ratusan orang lainnya luka-luka.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, pencopotan AKBP Ferli Hidayat diputuskan langsung oleh Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo, melalui surat telegram nomor ST/2098/10/KEP/2022, Senin (3/10/2022).

"Keputusan ini langsung diambil Kapolri setelah mendapatkan laporan hasil analisis dan evaluasi tim investigasi khusus tragedi Stadion Kanjuruhan Malang yang dibentuk Kapolri," kata Irjen Pol Dedi, Senin (3/10/2022).

AKBP Ferli Hidayat selanjutnya akan mengisi posisi Pamen SSDM Polri.

Poster ucapan duka dari kelompok suporter Persis Solo, Surakartans atas Tragedi Kanjuruhan Malang.
Poster ucapan duka dari kelompok suporter Persis Solo, Surakartans atas Tragedi Kanjuruhan Malang. (SURAKARTANS)

Baca juga: Janji Bos Arema FC Kepada Korban Tragedi Kanjuruhan Malang, Tiga Tim Bergerak Mulai Besok Pagi

Sedangkan Jabatan Kapolres Malang selanjutnya akan diemban oleh AKBP Putu Kholis Aryana, yang sebelumnya menjabat Kapolres Pelabuhan Tanjung Priuk Polda Metro Jaya.

Irjen Pol Dedi menjelaskan, keputusan tersebut merupakan bentuk kerja cepat Polri dalam menangani kasus kerusuhan di Stadion Kanjuruhan Malang sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Meski begitu, dia memastikan, keputusan tersebut juga berdasarkan ketelitian, kehati-hatian, dan pembuktian secara ilmiah yang menjadi standar kerja timsus.

"Tim telah melakukan pemeriksaan sesuai Pasal 359 dan Pasal 360 KUHP dengan melakukan pemeriksaan 20 saksi," ujar Irjen Pol Dedi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, timsus pun telah meningkatkan status penyelidikan menjadi penyidikan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved