Berita Nasional

PSI Dukung Ganjar Capres 2024 Tak Izin Megawati, PDIP: Kira-kira Kayak Gitu Pantas Apa Enggak?

PDIP menilai, mestinya PSI berbicara dahulu pada Megawati Soekarnoputri sebelum menyatakan dukungan atau deklarasi untuk Ganjar Pranowo.

Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Hermawan Endra
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Sekolah Partai PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (16/6/2022). PDIP berpendapat, mestinya PSI berbicara dahulu pada Megawati Soekarnoputri sebelum menyatakan dukungan atau deklarasi untuk Ganjar Pranowo. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - PDIP merespons langkah PSI yang telah deklarasi mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

PDIP berpendapat, mestinya PSI terlebih dahulu berbicara pada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri sebelum menyatakan dukungan atau deklarasi untuk Ganjar Pranowo.

Menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDI-P Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, Ganjar Pranowo merupakan kader PDIP. Maka, ketika kadernya akan dipinang, harus terlebih dahulu berbicara pada Ketua Umum.

Bambang Pacul mengibaratkan seorang anak yang dipinang oleh orang lain.

"Kalau kamu punya anak, kemudian anakmu mau saya pinang, aku ngomong sama kamu enggak?" ujar Pacul saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/10/2022).

Pacul menekankan, jika seseorang mau meminang anak orang lain maka orang tersebut harus berbicara terlebih dahulu ke orangtuanya.

Baca juga: Profil Niluh Djelantik, Kader Nasdem yang Mundur setelah Partainya Deklarasi Anies Capres 2024

Baca juga: Elektabilitas Naik, Kinerja Ganjar-Erick Thohir Tinggi Baik di Mata Rakyat

Baca juga: Kata Ganjar Dapat Dukungan PSI untuk Maju sebagai Capres 2024: Makasih

Baca juga: PSI Tegaskan Dukung Ganjar Pranowo, Sosok Tepat Lanjutkan Kerja Jokowi

Dia menyebutkan, PSI seharusnya berbicara kepada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

"Iya ngomong. Pakailah. Ngomonglah sama Ketum. Begitu loh, Bos," ucapnya.

"Kau cobalah tanya pada hatimu sendiri. Kau tanya pada hatimu sendiri, kira-kira kayak gitu pantas apa enggak? Kan begitu," sambung Pacul.

PSI sebelumnya mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengeklaim bahwa terpilihnya nama Ganjar merupakan hasil forum Rembuk Rakyat yang sudah diselenggarakan sejak akhir Februari 2022.

Ia berujar, Rembuk Rakyat ini untuk menjaring capres untuk melanjutkan kepemimpinan Joko Widodo, dilakukan oleh dewan pimpinan pusat dan pengurus daerah bertemu dengan para tokoh di daerah untuk mendengar aspirasi soal calon presiden.

"Dari hasil Rembuk Rakyat itu, kami mengumumkan bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024," kata Grace dalam konferensi pers, Senin (3/10/2022) sore.

"Sejak awal, Pak Ganjar atau akrab kami sapa Mas Ganjar, unggul dibandingkan kandidat lainnya," lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved