Berita Sukoharjo

Bupati Sukoharjo Bagikan Cadangan Pangan Beras ke Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo membagikan  cadangan pangan berupa beras ke  masyarakat

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Khoirul Muzaki
Bupati Sukoharjo Etik Suryani membagikan bantuan beras ke masyarakat di Gedung PGRI, Jumat (20/10/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Dinas Pangan Kabupaten Sukoharjo membagikan  cadangan pangan berupa beras ke  masyarakat.

Pembagian beras tersebut telah dilakukan di Gedung PGRI dan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Jumat (20/10/2022).

Bupati Etik Suryani, mengatakan, ketahanan pangan adalah terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik dan terjangkau.

Untuk mewujudkan ketahanan pangan di daerah, perlu adanya penyediaan cadangan pangan masyarakat yang merupakan bagian dari sub sistem cadangan pangan nasional.

“Pandemi corona tidak saja membatasi ruang gerak masyarakat, tetapi juga memengaruhi kondisi ekonomi yang pada akhirnya mengurangi akses dan kemampuan masyarakat untuk memperoleh pangan yang cukup,” kata Bupati, Sabtu (21/10/2022).

Bupati mengatakan, pemerintah telah berupaya keras agar masyarakat tetap dapat memperoleh bahan pangan.

Berbagai intervensi kebijakan pun dilakukan untuk menjaga kondisi ketahanan pangan agar tetap stabil.

Sesuai amanah Undang-undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, masyarakat mempunyai hak dan kesempatan seluas-luasnya dalam upaya mewujudkan cadangan pangan masyarakat.

Untuk itu, pemerintah hadir dengan memberikan fasilitasi pengembangan cadangan pangan masyarakat, di antaranya berupa alokasi bantuan pemerintah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), pendampingan dan pembinaan.

Kepala Dinas Pangan Sukoharjo, Endang Tien Maryuni, menyampaikan pembagian beras cadangan untuk masyarakat yang membutuhkan merupakan bentuk komitmen Pemkab Sukoharjo.

Selama ini, dalam rangka Pemenuhan Cadangan Pangan Tahun 2022, Pemkab mengalokasikan pengisian cadangan pangan berupa Gabah Kering Giling sebanyak 27.550 kg melalui dana APBD Kabupaten.

“Berdasarkan Perda Nomor 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemkab Sukoharjo, salah satunya untuk penanganan kerawanan pangan dimana pada tahun 2022 ini, Pemkab memberikan penanganan kerawan pangan sebanyak 18.030 kg beras untuk 1.202 anak, masing-masing mendapatkan bantuan 15 kg beras,” kata Tien Wahyuni. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved