Berita Sukoharjo

Polemik Pasar Ir Soekarno Berakhir, Pemkab Sukoharjo Leluasa Kembangkan Pasar

Polemik pembangunan Pasar Ir Soekarno berakhir usai kedua pihak bersengketa bertemu.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Polemik pembangunan Pasar Ir Soekarno Sukoharjo berakhir. Ini setelah kedua pihak yang bersengketa, CV Ampuh Sejahtera selaku pelaksana proyek dan Pemkab Sukoharjo, dalam hal ini Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM bertemu dan bersepakat mengakhiri persoalan. 

Seperti diketahui, polemik pembangunan Pasar Ir Soekarno antara Pemkab Sukoharjo dan PT Ampuh Sejahtera buntut dari tidak selesainya proyek pembangunan yang berujung pemutusan kontrak.

BPK kemudian melakukan audit menyusul pemutusan kontrak tersebut. Ternyata PT Ampuh malah mengajukan gugatan ke pengadilan. 

Hasil audit BPK Perwakilan Jawa Tengah menyebutkan, PT Ampuh harus membayar denda ke Pemkab. 

Sementara PT Ampun menenangkan gugatan di pangadilan. Pemkab divonis harus membayar pembayaran berikut bunganya. 

Kini polemik yang sudah berlangsung sejak era Bupati Bupati Wardoyo Wijaya itu akhirnya berakhir. 

Keduanya sepakat menunaikan kewajiban masing-masing. 

Pemkab melaksanakan Putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 326K/PDT/2016 tanggal 27 Juni 2016 Jo. Putusan PT Semarang Nomor 69/PDT/2015/PT SMG tanggal 25 Mei 2015 Jo Putusan PN Sukoharjo No. 11/pdt.G/2014/PN.skh tanggal 20 Oktober 2014.

Dalam Berita Acara Pembayaran disebut, Pemkab Sukoharjo telah membayar kewajiban tunggakan pembayaran kepada PT Ampuh Sejahtera sebesar Rp9.819.305.000 pada Jumat 30 September 2022 di Bank Jateng Cabang Sukoharjo.

Di sisi lain, Pemkab Sukoharjo juga menerima pembayaran dari PT Ampuh sebesar Rp 6.244.611.243,09.

Dengan rincian, pembayaran denda keterlambatan sebesar Rp1.242.950.000 serta pembayaran kekurangan volume sebesar Rp5.001.661.243,09 sesuai LHP BPK. 

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Iwan Setiyono mengatakan, kini Pemkab Sukoharjo tidak lagi punya tanggungan terkait polemik Pasar Ir Soekarno.

"Semua sudah selesai," katanya

Berakhirnya polemik itu juga menjadi kabar baik. Pihaknya bisa lebih leluasa mengembangkan pasar tersebut dengan berbagai inovasi. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved