Guru Berkarya

Peran Orang Tua sebagai Pendidik Utama Keluarga

Orang tua memiliki kewajiban dalam mendidik anak-anaknya. Karena orang tua sebagai pelaksana pendidikan anak dalam keluarga

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Munawati, S.Pd.AUD - Guru TK Negeri Pembina Taman Kab. Pemalang 

Peran Orang Tua sebagai Pendidik Utama Keluarga

Oleh :
Munawati, S.Pd.AUD
Guru TK Negeri Pembina Taman Kab. Pemalang

Orang tua adalah orang terdepan dan pertama sebagai pengajar bagi anak. Berbicara tentang peran orang tua, tidak terlepas dari keluarga. orang tua merupakan orang pertama yang melakukan pendidikan kepada anak, sehingga peran orang tua sebagai pendidik sangat berperan besar bagi anak.

Peran orang tua sangat dibutuhkan sekali dalam perkembangan anak, karena selain guru di sekolah, orang tua merupakan pendukung utama dalam proses belajar anak entah meliputi pendidikan moral maupun pendidikan karakter Sebagaimana yang dipaparkan Rosdiana, (2006) bahwa faktanya kebanyakan orang tua masih merasa bahwa kewajibannya dalam mendidik anak telah usai setelah memasukannya ke suatu lembaga persekolahan padahal meningat partisipasi orang tua secara aktif dalam mendukung dan mengusahakan peningkatan kualitas pendidikan anak baik formal maupun informal sangat penting.

Mengingat orang tua adalah pendukung utama pada anak dan sangat dibutuhkan dalam perkembangan anak terutama pada perkembangan belajar anak. Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting bagi keberlangsungan hidup seseorang.

Melalui pendidikan, seseorang akan memperoleh kecerdasan, pengalaman serta kemampuan yang diperlukan untuk keberlangsungan hidup bermasyarakat dan berbangsa.

Menurut Undang-Undang Sisdiknas tahun 2003, Anak usia dini merupakan anak yang berada pada rentan usia 0-6 tahun.

Pada masa ini merupakan masa emas, karena pertumbuhan dan perkembangan yang dialami oleh anak terjadi sangat pesat dan tidak akan terulang kembali dimasa yang akan datang.

Kita dapat melihat, bahwa masih banyak orang tua yang sangat sedikit sekali dalam meluangkan waktu untuk anak, padahal seorang anak sangat membutuhkan orang tua dalam proses belajar, orang tua dapat berperan sebagai pendukung misalnya sebagai motivator belajar anak selain itu orang tua juga merupakan pengontrol dan pengawas anak dalam kegiatan belajar.

Orang tua memiliki kewajiban dalam mendidik anak-anaknya. Karena orang tua sebagai pelaksana pendidikan anak dalam keluarga maka peran orang tua sebagai pengemban tanggung jawab pendidikan anak usia dini. Ahmad (2008, p.81) menyebutkan bahwa peran orang tua adalah peran ibu dan peran ayah.

Sesuai dengan fungsi serta tanggung jawabnya sebagai anggota keluarga dapat di simpulkan bahwa peranan ibu dalam pendidikan anak-anaknya adalah sebagai sumber dan pemberi rasa kasih sayang, pengasuh dan pemelihara, tempat mencurahkan isi hati, pengatur kehidupan dalam rumah tangga, pembimbing hubungan pribadi,pendidik dalam segi-segi emosional.

Peran orang tua sebagai pendidik dalam keluarga tidak hanya berfokus pada pendampingan pendidikan saja melainkan penanaman pendidikan moral, seperti mengajarkan anak tentang sopan santun, etika kepada orang yang lebih tua, juga sebagai pendidik dalam pendidikan karakter.

Jadi bagaimana pendidikan yang telah diajarkan orang tua di lingkungan keluarga akan berdampak besar pada karakter anak. Sebagai orang tua sangat lah penting untuk menjadi pendidik yang baik dalam lingkungan keluarga karena orang tua adalah komponen utama dalam pendidikan.

Orang tua adalah bagian dari keluarga yang lebih besar, digantikan oleh keluarga inti orang tua dan anak-anak.

Orang tua memainkan peran penting, mereka sangat berpengaruh dalam pendidikan anak-anak mereka, dan mereka bertanggung jawab atas pendidikan, perawatan dan bimbingan anak-anak mereka untuk mencapai tahap-tahap tertentu yang mempersiapkan mereka untuk kehidupan sosial. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved