Berita Viral

Harian Kompas Gelar Ekshibisi “Mata Dasawarsa” di Artopologi

Harian Kompas menggelar pameran “Mata Dasawarsa” di pameran seni Artopologi di Museum Nasional Jakarta pada 28 Oktober 2022 sampai 6 November 2022

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: muslimah
Istimewa
Harian Kompas menggelar pameran “Mata Dasawarsa” di pameran seni Artopologi di Museum Nasional Jakarta pada 28 Oktober 2022 sampai 6 November 2022. 

TRIBUNJATENG.COM - Harian Kompas menggelar pameran “Mata Dasawarsa” di pameran seni Artopologi di Museum Nasional Jakarta pada 28 Oktober 2022 sampai 6 November 2022.

Ekshibisi ini menampilkan karya NFT Kompas berupa arsip halaman muka dan foto Harian Kompas.

Harian Kompas merilis 7 koleksi foto khusus yang bisa dibeli.

Pameran ini terbuka untuk umum.

Baca juga: Indonesia Glass Art Festival, Pameran Arsip dan Seni Kaca di Bentara Budaya Yogya, Simpan Tanggalnya

Setelah hadir di Superlative Gallery Bali 19-25 Oktober 2022, ekshibisi NFT Kompas bertajuk “Mata Dasawarsa” menyambangi pameran seni Artopologi di Museum Nasional Jakarta.

Serupa dengan di Superlative Galery, Harian Kompas menyuguhkan karya pilihan NFT Kompas berupa arsip halaman muka dan foto-foto Harian Kompas.

Karya yang ditampilkan ini diseleksi kembali dari rilisan NFT Kompas bertajuk Narasi Fakta Terkurasi “Indonesia dalam 57 Peristiwa” dan Narasi Foto Terkurasi koleksi “Loka/Masa”.

Di pameran ini, pengunjung bisa mengoleksi NFT Kompas “Loka/Masa” dalam bentuk kartupos. Jadi, saat membeli kartupos, pengunjung juga mendapatkan karya itu dalam bentuk digital.

Selain kartupos, pengunjung pameran juga bisa membeli merchandise terkait NFT dan mencoba pengalaman bermain dengan Oculus Rift.

“Melalui pameran ini, Harian Kompas berharap bisa membagikan memori kolektif tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dari tahun 1965-2021, lewat berbagai bentuk rilisan NFT.

Pameran ini juga diharapkan bisa semakin memberikan informasi mengenai apa itu NFT dan variasi pemanfaatannya untuk berbagai macam bentuk kreasi,” ujar Project Lead NFT Kompas Helman Taofani.

Konsisten merawat jurnalisme berkualitas

Sejak Juni 2022, Harian Kompas terus menyebarkan semangat transformasi di era digital sekaligus merawat jurnalisme berkualitas dengan menghadirkan arsip-arsip jurnalistiknya dalam bentuk non-fungible token (NFT).

Lewat inisiatif ini, Harian Kompas juga ingin mengajak publik untuk menjadi bagian dari hal tersebut dengan membuka kesempatan untuk ikut mengoleksinya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved