Berita Kesehatan

Alhamdulillah, 30 Lansia Warga Wonosobo Bisa Jalani Operasi Katarak Gratis

Operasi katarak ini dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun kepada 30 warga lansia dari keluarga kurang mampu di Wonosobo.

Penulis: Imah Masitoh | Editor: deni setiawan
PEMKAB WONOSOBO
Suasana bakti sosial operasi katarak digelar di RSUD Setjonegoro Wonosobo, dalam rangka Hari Disabilitas Internasional 2022, Sabtu (12/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, WONOSOBO - Kementerian Sosial RI Sentra Terpadu Kartini Temanggung bersama Dinsos PMD melaksanakan bakti sosial operasi katarak bertempat di RSUD Setjonegoro Wonosobo, Sabtu (12/11/2022). 

Operasi katarak ini dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya sedikitpun kepada 30 warga lansia dari keluarga kurang mampu di Kabupaten Wonosobo. 

Bakti sosial operasi katarak ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022.

Baca juga: Pelatihan Menjahit Jadi Upaya Tingkatkan Produktifitas Kerja Ibu-ibu di Desa Nderonduwur Wonosobo

Pada kesempatan itu Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat turut mengunjungi dan memberi support kepada para lansia yang akan menjalani operasi katarak.

Bupati Afif menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian Sosial RI Sentra Terpadu Kartini Temanggung dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi pada penyelenggaraan operasi penyakit mata katarak gratis ini. 

“Karena berbuat baik itu tidak bisa sendirian, tetapi perlu kerja sama semua pihak,” tuturnya melalui Tribunjateng.com, Sabtu (12/11/2022). 

Bupati Afif berharap, bakti sosial operasi katarak gratis bagi masyarakat ini, mampu membuahkan manfaat serta berdampak positif terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. 

Penyakit mata masih menjadi masalah kesehatan masyarakat utamanya penyakit katarak, yang mana penyakit ini bisa mengakibatkan kebutaan. 

Baca juga: Peringati Hari Pahlawan, Bupati Beserta Jajaran Forkopimda Wonosobo Ziarah ke TMP Wirapati

Hal ini tentunya menjadi pekerjaan rumah semua pihak, dengan upaya-upaya promotif kesehatan mata yang selama ini sudah dilaksanakan, bisa menyentuh masyarakat. 

“Operasi penyakit mata katarak gratis ini, esensinya bukan dalam rangka peringatan Hari Disabilitas Internasional, tetapi lebih kepada soal pelayanan kesehatan dan kemanusiaan serta wujud kehadiran pemerintah dalam menyehatkan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Plh Kepala Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Hendra Permana menyampaikan apresiasi pihak Pemkab Wonosobo yang selalu aktif dan responsif dalam menanggapi dan berkoordinasi baik dengan pihak terkait sehingga program-program yang dilaksanakan pemerintah bisa terlaksana dengan cepat.

“Semoga apa yang telah dilakukan Pemkab Wonosobo bisa menjadi contoh bagi daerah lain."

"Karena semua itu merupakan wujud pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” jelas Hendra kepada Tribunjateng.com, Sabtu (12/11/2022).

Baca juga: Yayasan Setara bersama UNICEF Siapkan 5 Desa Percontohan Lingkungan Ramah Anak di Wonosobo

Sentra Terpadu Kartini Temanggung merupakan salah satu unit pelaksana teknis dari Kementerian Sosial yang menangani berbagai permasalahan sosial dengan ragam Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved