Berita Jepara

Buka Festival Hadrah, Sekda Jepara Harap Kesenian Islam Semakin Berkembang

Kesenian Islam diharapkan semakin berkembang melalui sejumlah acara seperti festival-festival.

(Dok. Diskominfo Jepara).
Sekda Jepara Edy Sukatmiko membuka Festival Hadrah Tingkat Kabupaten Jepara 2022 di Pendopo RA Kartini, Kamis (17/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA- Kesenian Islam diharapkan semakin berkembang melalui sejumlah acara seperti festival-festival.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko saat membuka Festival Hadrah Tingkat Kabupaten Tahun 2022 di Pendopo Kartini, Kamis (17/11/2022). 

Hadir juga dalam acara ini Kabag Kesra Setda Jepara Agus Bambang Lelono, serta dewan juri. Festival tersebut diikuti 18 tim rebana dari Jepara.

Edy Sujatmiko mengatakan, Festival Hadrah ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan hadrah di kota maupun di desa serta juga guna membangun rasa cinta terhadap kesenian Islami pada umumnya.

"Semoga dengan diadakannya Festival Hadrah Tingkat Kabupaten Jepara bisa mengembangkan seni islami dan juga memperkokoh tali ukhuwah insaniyah dan ukhuwah islamiyah masyarakat Jepara," kata Edy Sujatmiko.

Edy Sujatmiko berharap seluruh peserta lomba hadrah dapat menjunjung tinggi sportifitas dalam berlomba, menjaga kekompakan, kebersamaan.

"Selamat mengikuti Festifal Hadrah tetap junjung tinggi sportivitas," tegasnya.

Acara tersebut diakhiri dengan pemukulan Hadrah oleh Edy Sujatmiko sebagai tanda dimulainya festival Hadrah Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2022.

Sementara itu, Panitia Festival Hadrah Miqdad Sya'roni menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan Festival Hadrah untuk melestarikan kesenian islami yang juga merupakan budaya bangsa dengan mengaktulisasikan serta mengembangkan potensi diri dalam bidang seni islami secara kreatif dan sportif.

Miqdad berharap, agar Hadrah tidak sekedar sebagai pelengkap saja, namun harus terus berkembang dan dikembangkan untuk berkarya di bidang seni hadrah menjadi lebih baik lagi.

"Melalui Sholawat, menjadikan Jepara semakin mulia dan selamat," kata Miqdad.

(*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved