Berita Nasional

Potensial Raih Tiket Tiga Partai KIB, Erick Thohir Semakin Dekat Merapat

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus memberikan sinyal-sinyal dukungan kepada Menteri BUMN Erick Thohir.

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN RI Erick Thohir 

TRIBUNJATENG.COM - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terus memberikan sinyal-sinyal dukungan kepada Menteri BUMN Erick Thohir. Tiga partai anggota KIB pun kian berpotensi konsensus memberikan tiket kepada Erick Thohir sebagai cawapres.

Pengamat Politik Ahmad Hidayah menilai Erick Thohir memiliki potensi besar untuk kandidasi Pilpres 2024. Rekam jejak yang bagus dan modal sosial yang besar ditambah kesiapan logisitik akan memberikan daya tarik bagi partai memberikan dukungan untuk Erick Thohir maju pada Pilpres 2024.

Dia menyebut situasi tersebut tentu menjadi sebuah nilai positif lantaran akan semakin merekatkan komitmen Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Sebab Erick Thohir rajin diundang menghadiri pertemuan Partai Golkar, PPP, dan PAN.

Oleh karenanya dia menilai sosok Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah ini terus akan menguat dan dapat diusung oleh koalisi KIB. Kehadiran Erick Thohir dipercaya bakal menguatkan berbagai sisi pada koalisi tersebut.

“Kalau wakilnya dari PPP atau PAN maka nanti sosok Pak Erick Tohir karena non partai, itu ibaratnya menjadi perekat koalisi,” kata Ahmad yang juga Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute, Ahmad Hidayah.

Apalagi Erick Thohir begitu konsisten dalam menunjukkan kerja mentereng di Kementerian BUMN. Kondisi demikian tentu menjadikan Erick Thohir sebagai figur yang banyak disenangi masyarakat termasuk partai politik (parpol).

Seperti sebelumnya, Erick Thohir mendapat dukungan baik untuk maju Pilpres 2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Selang kemudian dukungan serupa datang dari kader arus bawah PPP dari berbagai wilayah menyuarakan Erick Thohir untuk maju sebagai cawapres.

"Artinya kan punya kedekatan dengan Pak Erick Thohir, lalu mungkin PAN yang akan mendorong KIB ini memiliki berkah elektoral bagi partai sendiri,” pungkas Ahmad.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved