Berita Banyumas

Keren, Sukses Atasi Sampah, Bupati Banyumas Jadi Pembicara COP27 di Mesir

Bupati Banyumas, Achmad Husein menjadi salah satu pembicara ajang Conference of Parties (COP) 27 digelar di Sharm El Sheikh, Mesir. 

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: olies
Istimewa/Pemkab Banyumas
Bupati Banyumas, Achmad Husein saat menjadi salah satu pembicara di COP27 yang diselenggarakan di Mesir. Conference of Parties (COP) 27 diselenggarakan, 6-18 November 2022. 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Bupati Banyumas, Achmad Husein menjadi salah satu pembicara ajang Conference of Parties (COP) 27 digelar di Sharm El Sheikh, Mesir.  Dia membahas tentang keberhasilan pengelolaan sampah di Banyumas yang diacungi jempol oleh berbagai kalangan. 

"Iya sebagai pembicara di COP27.  Tugas dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI," kata Bupati Banyumas itu kepada Tribunbanyumas.com,  melalui keterangan tertulis, Jumat (18/11/2022).

Achmad Husein menyampaikan tentang pengelolaan sampah yang sudah diterapkan di Banyumas. Menurutnya, saat ini sudah tidak ada tempat pembuangan sampah karena sampah sudah habis diproses melalui Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu dan TPA Berbasis Lingkungan dan Edukasi.

"Pengelolaan sampah di Banyumas telah diakui beberapa daerah di Indonesia.  Bahkan kita sempat diundang ke kementrian untuk pemaparan soal pengelolaan sampah tersebut," ujarnya. 

Baca juga: Wabup Blora Sukses Banting Atlet Judo Hingga Dua Kali

Baca juga: Pemasangan 18 Titik PJU Ruas Sigandu - Ujungnegoro Telan Rp 136,9 Juta 

Baca juga: Kunci Jawaban Kelas 3 SD Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 5 Halaman 100 101 105 Produksi Sandang

Menurut Achmad Husein, langkah yang diterapkannya dilatarbelakangi persoalan riil di lapangan. Sebelumnya Kabupaten Banyumas pernah darurat sampah dengan ditutupnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah oleh masyarakat. 

"Tahun 2018 saat saya cuti ada protes dari masyarakat Banyumas mengenai masalah sampah.  Tempat sampah ditutup masyarakat, Kota Purwokerto penuh sampah hingga Alun-alun dan GOR pun digunakan tempat sampah.  Hal tersebut yang membuat saya bersama semua pihak berfikir untuk menjadikan Kabupaten Banyumas berhasil membangun kota tanpa TPA," jelasnya. (jti) 

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved