Pekalongan Kota

Dikukuhkan Bunda Gemari, Inggit Komitmen Tingkatkan Konsumsi Ikan di Masyarkat Pekalongan

Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya dikukuhkan sebagai Bunda Gemari (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Kota Pekalongan

Dok Kominfo Kota Pekalongan
Inggit Soraya saat dikukuhkan sebagai Bunda Gemari (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Kota Pekalongan. 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya dikukuhkan sebagai Bunda Gemari (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Kota Pekalongan yang dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, dalam kegiatan sosialisasi gemarikan untuk mencegah stunting pada bayi bawah dua tahun sekaligus demo masak olahan ikan, di technopark perikanan Kota Pekalongan, Senin (21/11/2022).

Usai dikukuhkan, Inggit, sapaan akrabnya mengaku bersyukur dan senang atas amanah serta kepercayaan baru yang diterimanya ini sebagai Bunda Gemari Kota Pekalongan.

"Dengan dikukuhkannya, saya sebagai Bunda Gemari berkomitmen untuk turut menyosialisasikan dan memasyarakatkan program gemarikan sebagai salah satu program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mengajak masyarakat dalam meningkatkan jumlah mengonsumsi ikan di Kota Pekalongan," kata Bunda Gemari (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Kota Pekalongan Inggit Soraya.

Menurutnya, Kota Pekalongan merupakan salah satu daerah penghasil ikan yang cukup melimpah, disini sudah ada tempat pelelangan ikan (TPI) yang pernah berjaya, namun sangat disayangkan masyarakatnya masih kurang dalam mengonsumsi ikan dalam kehidupan sehari-harinya.

Oleh karena itu, hal ini membuat pemerintah menggalakkan program gemarikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan gizi pada anak dan masyarakat.

"Ikan merupakan salah satu asupan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Adanya gemarikan sendiri, tidak hanya memberikan manfaat dalam meningkatkan jumlah konsumsi ikan."

"Tetapi, juga membantu dalam meningkatkan gairah sektor perikanan yang ada di Kota Pekalongan," ujarnya.

Inggit mengungkapkan, upaya meningkatkan gizi masyarakat dengan mengkonsumsi ikan perlu terus digalakkan, mengingat ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang aman untuk dikonsumsi, dan dapat diterima oleh semua kalangan.

Melalui gerakan pencanangan memasyarakatkan ikan, gemarikan sebagai gerakan nasional diharapkan dapat dilakukan terus-menerus, terkonsep, dan terintegrasi.

"Dengan sosialisasi ini, kita ingin memasyarakatkan program Gemarikan, agar masyarakat bisa lebih menyukai konsumsi ikan khususnya kalangan orangtua bisa lebih kreatif, dan senang menyajikan aneka olahan makanan dari ikan kepada anaknya sejak dini.

"Harapannya, hal ini tentu bisa mencegah dan menekan angka stunting di Kota Pekalongan," ungkapnya. (Dro)

Baca juga: Wawalkot Pekalongan Salahudin : Olahan Serba Ikan untuk Cegah Stunting

Baca juga: Kata Kapolres Wonosobo Seusai Pimpin Sertijab, Kasat Narkoba Kini Dijabat AKP Teguh Sukosso

Baca juga: Hasil Akhir 6-2 Inggris Vs Iran Piala Dunia 2022, The Three Lions Pesta Gol, Maguire Beri Asis

Baca juga: Nonton TV Online Ini Link Live Streaming Senegal Vs Belanda Piala Dunia 2022

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved