Unsoed Purwokerto

Rektor Unsoed Lakukan Penanaman Perdana Tebu di Pemalang

Badan Pengelola Usaha Universitas Jenderal Soedirman melaksanakan penanaman perdana tanaman tebu serta penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Rektor Unsoed Lakukan Penanaman Perdana Tebu di Pemalang 

TRIBUNJATENG.COM, Selasa, 22/11/22 -  Badan Pengelola Usaha Universitas Jenderal Soedirman (BPU Unsoed) melaksanakan penanaman perdana tanaman tebu serta penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pabrik Gula Sragi PT. Sinergi Gula Nusantara dan Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pemalang, Selasa (22/11).

PKS ditandatangani oleh Dr. Adi Indrayanto, M.Sc. (Kepala Badan Pengelola Usaha Unsoed), Teguh Narwanto (Manajer Pabrik Gula Sragi PT. Sinergi Gula Nusantara), dan Akhmad Taufik, S.Hut, M.Si (Administratur Perhutani KPH Pemalang). 

Rektor Unsoed Lakukan Penanaman Perdana Tebu di Pemalang
Rektor Unsoed Lakukan Penanaman Perdana Tebu di Pemalang (IST)

Penandatanganan PKS ini disaksikan oleh Rektor Unsoed, Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, Msc.Agr dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Dr. Sos. Waluyo Handoko, S.IP., M.Sc.

Manajer Pabrik Gula Sragi, Teguh Narwanto mengungkapkan bahwa Pabrik Gula Sragi di bawah naungan PT. Sinergi Gula Nusantara bentukan Presiden sesuai KEPPRES. 

Rektor Unsoed Lakukan Penanaman Perdana Tebu di Pemalang
Rektor Unsoed Lakukan Penanaman Perdana Tebu di Pemalang (IST)

PT. Sinergi Gula Nusantara yaitu gabungan pabrik gula yang ada di seluruh Indonesia.

“Sesuai dengan cita-cita Bangsa Indonesia khususnya bersama-sama mensejahterakan petani dalam hal ini pekebun di seluruh Indonesia dalam rangka mencapai Swasembada Gula Nasional”, harapnya.

Adapun ruang lingkup kerja sama dengan Pabrik Gula Sragi PT.Perkebunan Nusantara IX adalah pembelian tebu yang dipasok oleh BPU Unsoed kepada Pabrik Gula Sragi PT. Sinergi Gula Nusantara.

Selain itu juga Pabrik Gula Sragi PT. Sinergi Gula Nusantara menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan BPU Unsoed dengan tujuan saling menguntungkan.

Sementara itu Administratur Perhutani KPH Pemalang, Akhmad Taufik, S.Hut, M.Si dalam sambutannya mengungkapkan saat ini pergerakan regulasi pemerintah terkait dengan perubahan sosial tentu sudah sangat masif dan ini merupakan sebuah tantangan ke depan, kalau Perhutani tidak berubah tidak melangkah secara strategis tentunya akan ketinggalan.

Ini sebuah wujud perubahan Perhutani dengan sinergitasnya dengan kerja samanya.

Orang mengatakan, katanya di Jawa ini melangkah lima langkah ketemu hutan, kita menempati kurang lebih 20persen 2,4 juta lahan di Jawa ini adalah yang di kelola Perhutani.

Kerja sama Unsoed dengan Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Pemalang, ruang lingkupnya meliputi penyediaan lahan, penanaman, pemeliharaan, pengamanan dan pemanenan tebu serta kegiatan pengamatan atau penelitian perkembangan tebu oleh BPU Unsoed. 

Lokasi kegiatan penanaman tebu berada di petak 152 b luas 4 Ha, dan pemeliharaan tebu seluas 7 Ha di wilayah Resort Pemangku Hutan (RPH) Paduraksa, Bagian Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH) Slarang KPH Pemalang.

Rektor Unsoed, Prof. Dr. Ir. Akhmad Sodiq, Msc.Agr menyampaikan beberapa harapan yaitu Kerja bersama-sama Pabrik Gula Seragi KPH dengan Korem 071/Wijayakusuma dan Unsoed, Menerapkan Agrosilvopastura suatu sistem pengelolaan lahan kombinasi antara komponen atau kegiatan pertanian dengan kehutanan dan peternakan atau hewan, Proses pembelajaran di Perguruan Tinggi untuk meningkatkan SDM dan Gerakan untuk mensejahterakan bersama-sama.

#unsoedmajuterus
#merdekamajumendunia

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved