Berita Sukoharjo

Pemkab Sukoharjo Gencar Promosikan Germas, Bupati Etik Suryani Terjun Langsung

Pemkab Sukoharjo terus gencarkan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Bupati Sukoharjo Etik Suryani saat mengikuti kampanye germas, Minggu (27/11/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo terus menggencarkan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Seperti dilakukan  di Lapangan Ngabeyan, Kecamatan Kartasura, Minggu (27/11/2022) yang dihadiri langsung Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Ketua DPRD, Wawan Pribadi, dan sejumlah pejabat Pemkab Sukoharjo.

Bupati mengatakan,  salah satu misi pembangunan kesehatan Kabupaten Sukoharjo adalah membentuk tata kehidupan masyarakat yang berperilaku hidup bersih dan sehat, mewujudkan kualitas kesehatan lingkungan dengan mengembangkan pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian.

“Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat. Ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat,” ujarnya, Senin (28/11/2022)

Padahal hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya promotif dan preventif dalam menumbuh kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Terobosan tersebut salah satunya melalui Germas. Tahap awal kegiatan Germas secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehaatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

“Tiga kegiatan ini dipilih karena dapat segera dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan pada saat ini juga dan tidak membutuhkan biaya yang besar,” ujar Bupati.

Pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, serta dukungan regulasi hidup sehat. Untuk itu diperlukan keterlibatan aktif secara terus menerus dari seluruh komponen bangsa, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah,sector non pemerintah, maupun masyarakat untuk mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat melalui upaya promotif dan preventif.

“Saya berharap melalui Kampanye Germas ini menjadikan kegiatan ini sebagai momentum strategis sebagai tindak lanjut dari Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan membangkitkan rasa tanggungjawab bersama,  bahwa hidup sehat harus diawali dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” tambahnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved