Nasional

Mendag Zulkifil Hasan Pantau Sembako di Semarang, Ini Deretan Komoditas yang Harganya Naik

Mendag RI Zulkifli Hasan memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Rasamala Jalan Rasamala Srondol, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

Penulis: amanda rizqyana | Editor: olies
Istimewa/Dok Humas Kemendag RI
Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI), Zulkifli Hasan bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Rasamala Jalan Rasamala Srondol, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada Jumat (2/12/2022), 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI), Zulkifli Hasan memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Rasamala Jalan Rasamala Srondol, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang pada Jumat (2/12/2022).  Berbagai sembako mengalami kenaikan saat dipantau oleh Mendag Zulkifli Hasan

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli yang datang bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkeliling pasar memantau harga sejumlah komoditi pokok yang mengalami kenaikan harga pada Desember 2022.

Sejumlah komoditi yang terpantau mengalami kenaikan antara lain telur yang kini tembus di angka Rp 30 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 28 ribu per kilogram, cabai merah di angka Rp 40 ribu per kilogram dari harga Rp 30 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp 50 ribu per kilogram dari harga Rp 35 ribu per kilogram.

Selain itu, kini harga bawang merah Rp 40 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 35 ribu per kilogram. Sedang bawang putih harganya Rp 32 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram.

Harga kedelai yang merupakan bahan dasar tempe dan tahu pun mengalami kenaikan menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Padahal sebelumnya Rp 8 ribu per kilogram.

Baca juga: Piala Soeratin U-17 Jateng, Persipa Pati Junior Sikat Safin FC Pati Junior Tiga Gol Tanpa Balas

Baca juga: Mantan Menteri ATR/BPN Meninggal, Keluarga Sempat Mencari Keberadaan Ferry Mursyidan Baldan

Baca juga: PAN Jateng Serukan Ganjar Capres, Erick Thohir Cawapres

Kenaikan harga bahan dasar tempe dan tahu dikeluhkan oleh Suparto, pedagang tempe Pasar Rasamala. Suparto mengaku harga tempe di angka Rp 7 ribu per kotak dari harga Rp 3 ribu per kotak.

"Tempe sekarang Rp 7 ribu, sebelumnya cuma Rp 3 ribu," ungkapnya.

Meskipun sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan, daging ayam Rp 32 ribu per kilogram dari yang biasanya Rp 35 ribu per kilogram.

Wati, pedagang di Pasar Rasamala menyampaikan keluhannya terkait harga minyak curah yang terpaksa ia jual seharga Rp 16,5 ribu per kilogram.

Menurut Wati, dari harga yang ia banderol tersebut, ia tidak mendapatkan keuntungan maksimal karena harus dipotong biaya tenaga dan plastik kemasan ulang minyak goreng. Pasalnya, ia membeli dari distributor seharga Rp 15 ribu per kilogram sehingga dengan harga jual Rp 16,5 ribu, tidak menguntungkan bagi pedagang.

"Kulakan (harga beli, red) Rp 15 ribu, Pak, jualnya Rp 16,5 ribu karena harus nimbangi dan ngepaki (menimbang dan mengemas ulang, red)," akunya pada Zulkifli.

Mendengar curhatan Wati, Zulkifli mengatakan harga yang dibanderol tersebut masih cukup mahal. Menurut Zulkifli, seharusnya harga 1 kilogram minyak goreng curah Rp 15,5 ribu.

"Oh, kemahalan itu, curah seharusnya dijual Rp 15,5 ribu," ujar Zulkifli. (arh)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved