Gempa Cianjur

Relawan Pecinta Hewan Asal Tegal Datang ke Cianjur, Beri Makan Sampai Rawat Hewan 

ujud kepedulian dan empati kepada korban gempa bumi yang menimpa Cianjur beberapa waktu lalu, tidak hanya ditujukan kepada manusia.

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: rival al manaf
Istimewa
Relawan pecinta hewan terlihat sedang memberikan makan kepada seekor kucing yang pemiliknya ikut terdampak bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Wujud kepedulian dan empati kepada korban gempa bumi yang menimpa Cianjur beberapa waktu lalu, tidak hanya ditujukan kepada manusia saja tapi juga kepada hewan peliharaan yang tidak terurus dengan baik pasca bencana.

Hal ini, seperti yang dilakukan oleh sejumlah relawan pecinta hewan dari berbagai daerah rela datang langsung ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, untuk merawat dan mengevakuasi hewan seperti anjing dan kucing.

Salah satu relawan pecinta hewan yang datang langsung ke lokasi terdampak gempa yaitu Titik Herawati, perempuan asal Kota Tegal yang juga Founder Rumah Singgah Kucing Rescue Faris.

Titik bercerita, selama berada di Cianjur dia tidak sendiri, melainkan bergabung dengan rekan-rekan relawan yang lain.

Seperti dari Clow Bandung, Yayasan Sintesis Animalia Indonesia, dan Rudi Meong Solo.

Bersama-sama, titik dan yang lainnya mendirikan posko hewan untuk membantu warga Cianjur terutama yang memiliki hewan peliharaan.

"Saya berada di Cianjur sekitar empat hari, dan Kamis (1/12/2022) kemarin sudah pulang ke Tegal. Kenapa memilih datang langsung ke Cianjur, ya memang panggilan hati saja ingin membantu menyelamatkan hewan yang ada di lokasi gempa," ungkap Titik, pada Tribunjateng.com, Jumat (2/12/2022).

Berangkat sejak 27 November lalu, Titik mengaku selama di Cianjur ia menemukan puluhan hewan yang mengalami luka-luka. 

Bahkan ada juga yang sampai kelaparan karena kurang perhatian dari pemiliknya yang sedang diterpa musibah. 

Melihat kondisi tersebut, akhirnya ada beberapa hewan yang harus dievakuasi ke tenda posko hewan yang ia buat bersama rekan-rekannya. 

Adapun hewan yang terluka dan mengalami setres, akan dirawat untuk pemulihan di tempat sejumlah relawan pecinta hewan. 

"Kami juga memberikan bantuan, seperti makanan hewan, selain itu juga merawat hewan yang sakit atau luka-luka," ujarnya.

Perempuan 49 tahun ini juga bercerita, ada puluhan kucing dan anjing yang mengalami luka di bagian kaki, kepala, dan wajah yang kemungkinan tertimpa runtuhan bangunan saat terjadi gempa.

Belum lagi, banyak juga hewan yang kelaparan, trauma dan setres.

Tidak hanya datang untuk menyelamatkan hewan, Titik dan rekan relawan yang lain juga memberikan bantuan kepada warga Cianjur yang terdampak gempa bumi.

"Kami jauh-jauh datang kesini selain dalam misi menyelamatkan hewan-hewan, tapi juga memberikan bantuan kepada warga Cianjur. Semoga apa yang kami lakukan dan berikan bisa bermanfaat untuk semuanya, ya sedikit banyak semoga bisa membantu," pungkas Titik. (dta)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved