KKN Unnes

Tim KKN UNNES GIAT 3 Desa Kedawung Adakan Pelatihan Motif Shibori

kegiatan KKN UNNES GIAT 3 kepada masyarakat telah dilaksanakan di Desa Kedawung Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Tim KKN UNNES GIAT 3 Desa Kedawung Adakan Pelatihan Motif Shibori Menggunakan Pewarna Alami dan Tekstil Sebagai Wujud Pemanfaatan SDA Untuk Peluang Usaha UMKM. 

Tim KKN UNNES GIAT 3 Desa Kedawung Adakan Pelatihan Motif Shibori Menggunakan Pewarna Alami dan Tekstil Sebagai Wujud Pemanfaatan SDA Untuk Peluang Usaha UMKM.

Bersama UNNES GIAT, Membangun Indonesia dari Desa

TRIBUNJATENG.COM - Pada hari Rabu, 16 November 2022 kegiatan KKN UNNES GIAT 3 kepada masyarakat telah dilaksanakan di Desa Kedawung Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung oleh Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata LPPM UNNES.

Tema yang diselenggarakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah “Pelatihan Pembuatan Motif Shibori atau Jumputan”.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kreativitas warga agar lebih produktivitas dalam memanfaatkan waktu dan sumber daya alam yang ada di lingkungan.

Pengabdian dan langkah kecil yang di persiapkan secara matang ini diharapkan tidak sekedar hanya membangun Desa Kedawung menjadi Desa yang siap bersaing secara unggul sebagai target sasaran dari acara ini, tetapi diharapkan akan menumbuhkan ide dan motivasi yang lebih baik selanjutnya di berbagai daerah/desa terkhususnya terhadap masyarakat diusia produktif. 

Pelatihan ini mendapat antusias dari masyarakat khususnya dari ibu-ibu PKK dengan total peserta yang hadir 16 orang. Peserta tersebut merupakan ibu-ibu PKK perwakilan dari 4 Dusun.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB tanpa suatu hambatan apapun, rangkaian acara ini berjalan dengan lancer karena faktor pendorong yang paling besar adalah partisipasi dan tertibnya peserta pelatihan.

Pelatihan Shibori atau Jumputan merupakan seni membuat motif pada kain dengan menggunakan pewarna.

Pewarna yang digunakan pun dapat memanfaatkan bahan yang ada di sekitar seperti daun suji, kunyit, kayu secang.

Selain itu kami juga membuat dengan pewarna tekstil.

Tujuan dari pembuatan menggunakan perwarna alami dan tekstil yaitu agar dapat mengetahui kualitas dari hasil produk yang telah dibuat.

Penggunaan pewarna alami juga menjadi alternatif jika pewarna tekstil sulit untuk dicari di Desa Kedawung.

Pelatihan untuk ibu-ibu PKK ini diadakan dengan maksud agar dapat membentuk UMKM yang dapat bermanfaat untuk Desa Kedawung.

Melakukan gebrakan berupa memberikan pelatihan peningkatan kualitas produk yang dihasilkan ditengah-tengah ketatnya persaingan dengan produk sejenis.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved