Berita Sukoharjo

Bupati Sukoharjo Hadiri Simulasi Pengamanan Pilkades di Halaman Setda

Dalam rangka menyukseskan Pilkades serentak yang aman dan kondusif, Polres Sukoharjo menggelar latihan simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara

Penulis: khoirul muzaki | Editor: Catur waskito Edy
khoirul Muzaky
Polres Sukoharjo menggelar simulasi pengamanan Pilkades serentak di halaman Setda, Sabtu (3/12/2022) 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO -- Dalam rangka menyukseskan Pilkades serentak yang aman dan kondusif, Polres Sukoharjo menggelar latihan simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Halaman Setda Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (3/12/2022).

Simulasi juga dihadiri Bupati Sukoharjo Etik Suryani. 

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, peragaan simulasi Pengamanan TPS ini dilakukan guna mempersiapkan personil pengamanan, baik dari Kepolisian, TNI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan keamanan pada pelaksanaan tahapan Pilkades, yakni pemungutan suara dan penghitungan suara.

Simulasi ini bertujuan untuk memantapkan pengamanan menjelang pelaksanaan Pilkades serentak pada 8 Desember 2022 mendatang.

“Dengan demikian personil yang terlibat pengamanan di sejumlah TPS maupun yang stand-by, benar-benar memahami tugas dan tindakan apa yang dilakukan jika terjadi potensi gangguan Kamtibmas atau gangguan kerusuhan," ucapnya, Sabtu (3/12/2022) 

AKBP Wahyu menambahkan, Polres Sukoharjo beserta jajarannya siap mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak. 

Kepolisian memiliki tanggung jawab besar dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades serentak yang aman dan kondusif. 

Pihaknya mengimbau semua pihak membantu menjaga situasi tetap kondusif dan menghindari konflik yang dapat membelah persatuan di tengah warga.

Simulasi menampilkan berbagai adegan yang mengarah pada potensi ancaman gangguan Kamtibmas yang melibatkan massa dan penanganan terhadap massa yang mencoba rusuh berikut penanganan efektif dari Polri, TNI dan Pemerintah Daerah, sehingga situasi menjadi kondusif kembali.

Selain latihan simulasi pengamanan TPS, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka Pilkades serentak di Kabupaten Sukoharjo. (*)

Baca juga: Erry Sadewo Pimpin FKPPI Jawa Tengah

Baca juga: Gempa M 6,4 Garut Buat Warga Pangandaran Berhamburan: Takut, kayak Tsunami 2006

Baca juga: 2188 Personil Polri Disiagakan Untuk Amankan Resepsi Ngunduh Mantu Putra Presiden Jokowi

Baca juga: Mayat Bayi Terbungkus Sarung Ditemukan Mengambang di Kali Krukut Jakarta Barat

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved