Berita Pekalongan

Pemkab Pekalongan Luncurkan Kartu Disabilitas

Pemkab Pekalongan luncurkan kartu disabilitas dalam memperingati hari disabilitas.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat meluncurkan kartu disabilitas di lantai 1 aula Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (5/12/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Pemkab Pekalongan meluncurkan kartu disabilitas. Kartu tersebut diluncurkan untuk memperingati hari disabilitas internasional.

Kegiatan tersebut berlangsung di lantai 1 aula Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (5/12/2022).

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mengatakan, peluncuran kartu disabilitas ini untuk memberikan para penyandang disabilitas kemudahan mendapatkan pelayanan publik.

"Kartu ini fungsinya, mempermudah para disabilitas dalam mendapatkan akses pelayanan yang ada di instansi Pemkab Pekalongan, seperti kesehatan, pembuatan KTP, akte, dan lainnya tanpa perlu antre," kata Bupati Pekalongan Fadia Arafiq.

Oleh sebab itu, mudah-mudahan kartu ini dapat segera dibagikan kepada seluruh disabilitas yang ada di Kabupaten Pekalongan, agar seluruh para penyandang disabilitas bisa mendapatkan prioritas tersebut.

Menurutnya, saat ini baru ada dua puskesmas di Kabupaten Pekalongan yang khusus memberikan pelayanan terhadap disabilitas.

"Puskesmas tersebut yaitu Puskesmas Kedungwuni dan Karanganyar. Kedepan, lokasi pelayanan kesehatan khusus disabilitas bertambah, supaya mereka bisa mendapatkan pelayanan utama."

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat meluncurkan kartu disabilitas di lantai 1 aula Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (5/12/2022).
Bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat meluncurkan kartu disabilitas di lantai 1 aula Setda Kabupaten Pekalongan, Senin (5/12/2022). (Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo)

"Termasuk puskesmas yang berada di wilayah atas, agar benar-benar mengutamakan penyandang disabilitas sehingga mereka tidak perlu mengurus keperluannya di wilayah bawah,'' ujarnya.

Bupati juga memberikan semangat kepada para penyandang disabilitas, supaya tidak minder di lingkungannya masing-masing.

Bahkan, di antara mereka ada yang punya prestasi bagus dan mengharumkan nama Kabupaten Pekalongan. Saat kejuaraan olahraga khusus penyandang disabilitas di Papua, mereka mendapatkan medali emas serta perak dan Pemkab langsung memberikan apresiasi kepada atlet tersebut.

"Kita lihat sendiri dalam acara ini, meski kondisinya tidak sempurna namun mereka mampu menampilkan hibura musik, tarian, dan lainnya dengan apik,'' tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kabupaten Pekalongan Yudi Himawan mengatakan, bahwa peluncurkan kartu disabilitas tersebut sebagai bentuk apresiasi dan juga identitas bagi para penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan.

"Dengan kartu disabilitas tersebut, teman-teman disabilitas bisa mendapatkan prioritas pelayanan di berbagai pelayanan publik, baik di pemerintahan maupun di sektor swasta yang ada di Kabupaten Pekalongan."

"Kedepannya, kita juga akan menjadikan ini sebagai alat untuk menghubungkan dengan program-program yang ada di Kabupaten Pekalongan," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved