Berita Batang

Penerimaan Pemkab Batang dari DBHCHT Tahun 2023 Akan Naik Jadi Rp 13 Miliar

Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau yang akan diterima Pemerintah Kabupaten Batang pada 2023 direncanakan naik dengan jumlah anggaran Rp 13 Miliar

Penulis: dina indriani | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Dina Indriani
Pelatihan keterampilan berdasarkan unit kompetensi sumber dana DBHCHT tahap kedua 2022 di Aula Disnaker Kabupaten Batang 

TRIBUNJATENG.COM,BATANG - Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang akan diterima Pemerintah Kabupaten Batang pada 2023 direncanakan naik dengan jumlah anggaran Rp 13 Miliar.

Sebelumnya pada 2022, Pemkan Batang menerima alokasi DBHCHT sebesar  Rp 8,8 Miliar.

"Ada sejumlah komponen yang membuat penerimaan DBHCHT Kabupaten Batang ada kenaikan pada tahun 2023,” tutur Kepala Bagian Perekonomian Setda Batang Suwanto dalam keterangan rilisnya.

Lebih lanjut, dalam pemanfaatan DBHCHT harus menyasar hal yang terkait cukai baik itu pabrik, buruh, dan produsen tembakau terutama bagi para petani tembakau.

Kegiatan pelatihan Disnaker Kabupaten Batang sendiri kemungkinan ada kenaikan, sehingga anggaran tahun depan bisa sebesar Rp 1 Miliar.

“Adanya anggaran pelatihan harus ada semangat dari masyarakat Kabupaten Batang untuk memanfaatkan agar menambah kompetensi diri,” jelasnya.

Tujuannya, lanjut dia, pelatihan bisa menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi keahlian tertentu supaya dapat berwirausaha dan bekerja.

Apalagi, melihat peluang di Kabupaten Batang yang sedang banyak investor perusahaan asing di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang yang akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

“Tidak hanya itu peluang berwirausaha juga bagus karena 97 persen penyerapan tenaga kerja dari UMKM,” pungkasnya. (din)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved