Berita Nasional

Pengamat : Pendamping Ganjar Sebaiknya Teknokrat Ulung Seperti Erick Thohir

Duet Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir terus digemakan oleh masyarakat Indonesia menjelang pemilihan presiden 2024.

Editor: Editor Bisnis
IST
Menteri BUMN Erick Thohir saat bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

TRIBUNJATENG.COM - Duet Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir terus digemakan oleh masyarakat Indonesia menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. Pengamat politik Usep S. Achyar mengatakan masyarakat sudah tepat memasangkan Ganjar Pranowo bersama Erick Thohir.

Apalagi keduanya dinilai duet yang saling melengkapi di pemerintahan. Ganjar Pranowo sebagai pemimpin yang lama berkecimpung di dunia politik dan Erick Thohir adalah pemimpin teknokrat berpengalaman di dalam serta luar negeri.

"Wakil ini juga harus melengkapi ketika menjalankan pemerintahan, Pak Ganjar Pranowo ini kan politisi, orang yang membantunya sebaiknya yang berlatarbelakang teknokrat seperti Pak Erick Thohir," tutur Achyar.

Kepiawaian Erick Thohir sebagai seorang teknokrat memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia terbukti berhasil membantu Presiden Jokowi dalam menjalankan pemerintahan dan menciptakan kestabilan di tengah-tengah masyarakat.

Contohnya, saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia Erick Thohir berhasil mendatangkan jutaan vaksin dan menggalakkan program untuk pemulihan ekonomi nasional. Program-program yang digalakkan oleh menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi tersebut adalah KUR, Mekaar dan Makmur.

Dengan program tersebut UMKM masyarakat dan para petani dapat bertahan di tengah hantaman badai virus Covid-19. Kini Erick Thohir bersama Bio Farma bahkan berhasil memproduksi vaksin Covid-19 sendiri yang diberi nama IndoVac.

Di samping itu, Erick Thohir juga berhasil membenahi dan membersihkan Kementerian BUMN. Keberhasilan ini terlihat dari terus meningkatnya laba BUMN sejak kepemimpinan Eks Presiden Inter Milan tersebut.

Laba ini tercatat meningkat dari tahun 2020 di angka Rp 13 triliun menjadi Rp 124,7 triliun pada 2021. Sedangkan di kuartal III 2022, laba BUMN sudah di angka Rp 155 triliun.

Erick Thohir juga berhasil mengungkap dan menyelesaikan kasus korupsi di Kementerian BUMN yang sudah lama mengakar yakni Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia. Bahkan berkat berbagai keberhasilannya ini Erick Thohir menjadi pemimpin yang sangat dipercaya oleh Presiden Jokowi sehingga digadang-gadang sebagai penerus di pemerintahan. 

Achyar menyatakan berbagai pengalaman dan keberhasilan ini memang menjadi daya tarik dan keunggulan yang dimiliki oleh Erick Thohir sebagai calon pemimpin Indonesia selanjutnya.

"Jadi pengalaman-pengalaman dalam memimpin BUMN, Pak Erick Thohir memang unggul di situ," pungkas Achyar.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved