Berita Slawi

Platform Marketplace UMKM Bangkit Raih Penghargaan Perbarindo Jateng 

Platform marketplace atau lokapasar UMKM Bangkit yang dirintis perusahaan startup asal Kabupten Tegal, raih penghargaan Dewan Pimpinan Daerah (DPD)

(Foto dokumentasi Humas Pemkab Tegal) 
Caption: Foto tangkapan layar Perbarindo Jateng, saat Direktur PT Teguh Aman Lestari Sahid Ramadhan (kanan), menerima penghargaan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Jawa Tengah tahun 2022, di acara Talk Show dan Musyawarah Daerah VIII Perbarindo DPD Jawa Tengah di Kota Semarang beberapa waktu lalu.  

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Platform marketplace atau lokapasar UMKM Bangkit yang dirintis perusahaan startup asal Kabupten Tegal, raih penghargaan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Jawa Tengah tahun 2022.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua DPD Perbarindo Jawa Tengah, Dadi Sumarsana, kepada Direktur PT Teguh Aman Lestari, Muhammad Sahid Ramadhan, saat acara Talk Show dan Musyawarah Daerah (Musda) VIII Perbarindo DPD Jawa Tengah di Kota Semarang beberapa waktu lalu. 

Platform UMKM Bangkit sendiri telah menampung sedikitnya 5.070 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) se-Jawa Tengah untuk menjualkan produknya secara daring. 

Sahid Ramadhan atau yang akrab dipanggil Rama ini mengatakan,  kehadiran platform UMKM Bangkit diharapkan membantu percepatan transformasi digital pelaku UMKM.

“Pembuatan platform UMKM Bangkit ini merupakan pengembangan dari apa yang sudah dirintis Kasyr (PT Kasyr Sibernetika Indonesia), dalam melakukan pendampingan transformasi digital pelaku UMKM di Kabupaten Tegal, termasuk penggunaan aplikasi Kasyr sebagai point of sales,” ungkap Rama, dalam rilis yang diterima Tribunjateng.com, Kamis (8/12/2022). 

Guna mengembangkan aplikasi ini, lanjut Rama, pihaknya menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak. 

Termasuk DPD Perbarindo Jawa Tengah untuk melakukan pendampingan UMKM yang ada di Jawa Tengah.

Hal ini pun dibenarkan Chief Technology Office PT Teguh Aman Lestari, Edi Kurniawan. 

Dikatakan Edi, pihaknya telah menandatangani nota kesepakatan dengan DPD Perbarindo Jawa Tengah yang dilanjutkan dengan kerja sama untuk mencapai visi UMKM Go Digital melalui pendampingan UMKM.

Prinsip pendampingan di UMKM Digital kurang lebih sama seperti saat pihaknya melakukan pendampingan ke pelaku UMKM Kabupaten Tegal melalui program UMKM Tegal Go Digital. 

Hanya bedanya, pendampingannya kali ini dilakukan secara digital.

“Di Kabupaten Tegal, pendampingan kita dilakukan secara klasikal lewat kelas Sinergi di kantor Kasyr di Trasa Coworking Space. Tapi di UMKM Bangkit ini pendampingan kita dilakukan secara daring karena mitra usahanya kan tidak hanya dari Tegal saja, tapi se-Jawa Tengah,” ujar Edi yang juga CEO PT Kasyr Sibernetika Indonesia.

Melalui aplikasi tersebut (UMKM Bangkit), pihaknya telah menyediakan modul digital bagi pelaku UMKM untuk menguasai teknik pembuatan foto produk, pendaftaran Quick Response Indonesian Standard (QRIS), pembuatan nomor induk berusaha (NIB), dan pelatihan pencatatan keuangan digital. 

Selain itu, terdapat pula modul pendampingan lainnya yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar melalui aplikasi UMKM Bangkit.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved