Berita Pekalongan

Ini Dua Lokasi Kamera ETLE di Pekalongan, Wajib Taati Aturan Lalulintas

Satlantas Polres Pekalongan, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pekalongan, memasang kamera tilang elektronik di dua lokasi.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: olies
Tribun Jateng/Indra Dwi Purnomo
Kamera ETLE yang terpasang di wilayah tugu nol Sibedug Kajen. 

TRIBUNJATENG.COM, KAJEN - Satlantas Polres Pekalongan, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pekalongan, memasang kamera tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di dua lokasi berbeda. Langkah ini dilakukan untuk menekan angka pelanggaran lalulintas di Kabupaten Pekalongan.  

Dua lokasi yang dipilih untuk pemasangan ETLE yakni di sekitar Tugu Nol Sibedug Kajen, dan perempatan Podo Kedungwuni.

Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Fitriyanto mengatakan, dua kamera ETLE itu sementara baru proses pemasangan, belum beroperasi secara penuh. Baru tahap penyelesaian, dan perangkaian traffic management center.

"Pemasangan dua kamera ETLE ini tujuannya untuk untuk terciptanya kamseltibcarlantas dan untuk pengendalian dan untuk pengendalian, peng-capture-an pelaksanaan etle yang ada di Polres Pekalongan," kata AKP Fitriyanto kepada Tribunjateng.com, Jum'at (9/12/2022).

Baca juga: Ini Capaian Proyek Pembangunan Gedung Kebudayaan, Rumah Dinas Bupati dan Pendopo Karanganyar

Baca juga: Inilah Asep Sugiharto, Jalankan Bisnis Durian di Kudus, Omzet Harian Capai Jutaan Rupiah

Baca juga: Hasil Babak I Skor 1-3 PSIS Semarang Vs Borneo FC Liga 1, Fredyan Wahyu Cetak Gol Mahesa Jenar

Menurutnya, pemasangan kamera ETLE di sekitar Sibedug Kajen dan Podo Kedungwuni berdasar analisa dan evaluasi. Sebab kedua wilayah tersebut merupakan pusat pelanggaran lalu lintas di Pekalongan.

"Kami bersama dinas perhubungan, bappeda, serta anggota Polri, sudah menganalisa dan mengevaluasi, bahwa di seputaran Tugu Nol Sibedug kemudian di Podo Kedungwuni merupakan sentra masyarakat untuk bermobilisasi," terangnya.

AKP Fitriyanto mengungkapkan, dua kamera ETLE belum dioperasikan karena masih menunggu pemasangan TMC yang ada kantor Satlantas Polres Pekalongan.

"Itu masih tahap pemasangan dan sosialisasi kepada masyarakat. Setelah TMC Satlantas Polres Pekalongan, kami akan sosialisasikan lagi kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Pekalongan," ungkapnya.

Sementara itu, terkait tilang manual, sesuai perintah Kapolri, Kakorlantas, dan Direktorat Lalulintas bahwa selama kurang lebih dua bulan, aktivitas itu ditiadakan.

"Kita berusaha mengeliminir pelanggaran-pelanggaran yang sifatnya tidak ada plat nomor, kendaraan yang berpotensi alami kecelakaan, dan fatalitas tinggi. Itu kita bisa melakukan penindakan secara manual, dengan cara melakukan pengcapture-an menggunakan kamera handheld dan go sigap," tambahnya. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved