Guru Berkarya

Pembelajaran Menulis Persuasif yang Efektif danMenyenangkan

Masyarakat Indonesia memakai masker saat beraktifitas di luar rumah merupakan suatu hal yang sudah wajib bagi masyakat untuk mengenakannya.

Editor: galih permadi
IST
Sri Mulyani, S. Pd., Guru SMP Negeri 3 Pemalang Jawa Tengah 

Oleh: Sri Mulyani, S. Pd., Guru SMP Negeri 3 Pemalang Jawa Tengah

Anjuran memakai masker sampai saat ini masih tetap digalakan. Mari gunakan masker.  kata-kata tersebut selalu kita ingat sampai sekarangpun sudah menjadi kebiasaan bagi kita untuk selalu membawa dan mengenakannya. Masyarakat Indonesia memakai masker saat beraktifitas di luar rumah merupakan suatu hal yang sudah wajib bagi masyakat untuk mengenakannya. Yuk kita patuhi aturan pemerintah supaya kita terhindar dari covid-19. Budayakan segera demi kesehatan demi bangsa kita sehat  dan sejahtera.

Naskah di atas merupakan contoh Teks Persuasif  bertujuan menganjurkan serta mengajak pembaca agar selalu mewaspadai terhadap Covid-19. Sekarang waktunya kita memulihkan pembelajaran ini, demi lancarnya pembelajaran maka penulis selaku guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Pemalang, Kabupaten Pemalang,  melakukan inovasi pembelajaran, khususnya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.Menurut Sanjaya (2011) Definisi pembelajaran merupakan suatu sistem yang kompleks yang keberhasilannya dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek produk dan aspek proses. Keberhasilan pembelajaran dilihat dari sisi produk adalah keberhasilan siswa mengenai hasil yang diperoleh dengan mengabaikan proses pembelajaran.

Ubay (2006) mengatakan keterampilan menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain dengan melakukan Bahasa tulis. Pengertian efektivitas secara umum dapat di artikan seberapa jauh tercapainya suatu tujuan yang terlebih dahulu ditentukan.

Penulis mengangkat materi yang terkait tentang teks persuasif ini artinya teks yang berisi ajakan maupun bujukan untuk mendorong seseorang sekaligus untuk mengikuti harapan serta keinginan yang disampaikan dalam teks melalui pendapat yang diperkuat oleh orang.Adapun struktur teks persuasif adalah isu rangkaian argumen/ajakan dan penegasan kembali. Sedangkan tahapan menulis  teks persuasi yang diterapkan penulis yaitu pertama menentukan tema, hal ini disesuaikan dengan pengalaman yang pernah dilihat/yang dialami siswa misalnya ajakan memakai masker, budaya cuci tangan. Kedua adalah ketentuan tujuan, teks persuasif memiliki tujuan meyakinkan pembaca dan pendengar terhadap tema yang dibahas. Ketiga adalah membuat kerangka teks, Kerangka teks akan disesuaikan dengan struktur teks persuasif. Keempat adalah pengumpulan data berupa fakta, hal ini apa yang dituliskannya. Pengumpulan data bisa diperkuat melalui bertanya pada nara sumber disekitar siswa, data juga bisa diperoleh lewat tv, radio, internet dan juga bisa lewat pengalaman siswa itu sendiri. Kelima adalah menulis teks persuasif merupakan teks persuasif ini ditulis dengan cara mengembangkan kerangka. Pengenalan isu berupa pengantar umum/penyampaian masalahnya yang menjadi dasar teks. Rangkaian argumen berupa sejumlah pendapat yang terkait dengan isu yang telah diperkenalkan sebelumnya. Ajakan-ajakan berupa inti dari teks yang memberikan dorongan bagi pembaca untuk melakukan sesuatu. Penegasan kembali pembaca pada pernyataan sebelumnya.

Agar pembelajaran menulis persuasif lebih efektif dan menyenangkan dapat mencapai hasil maksimal, sebaiknya memperhatikan langkah-langka proses berpikir, kreativitas, pengalaman siswa, pembentukan konsep dan aplikasi konsep, Semua siswa harus mempunyai kesempatan untuk melakukan  kreativitas; Pembelajaran menulis persuasif harus menyentuh aspek proses dimana siswa harus dilibatkan dalam pembelajaran sehingga siswa akan mengalami proses berpikir tentang suatu yang terjadi dalam pembelajaran,maka disajikan tentang masalah yang harus diselesaikan siswa melalui pengamatan atau penelitiannya sendiri dan  mencari jawaban sendiri. Dengan demikian kreativitas siswa dalam pembelajaran menyenangkan akan tercapai.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved