Berita Jepara

Pj Bupati Jepara Panen Parsial Udang Vaname di Pantai Blebak

Penjabat  (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta ikut melakukan panen parsial udang vaname di tambak percontohan, Pantai Blebak

Diskominfo Jepara
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta memanen udang di Pantai Blebak, Sekuro, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Kamis (8/12/2022). 

TRIBUNMURIA.COM, JEPARA-Penjabat  (Pj.) Bupati Jepara Edy Supriyanta ikut melakukan panen parsial udang vaname di tambak percontohan, Pantai Blebak, Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo, pada Kamis (8/12/2022) siang. 

Bersama dengan Kapolres Jepara AKBP Warsono, dan Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mohammad Husnur Rofiq, Pj. Bupati Jepara menebar jaring dan menarik udang Vaname secara bersama sama dari tambak. Alhasil ratusan udang Vaname berukuran jumbo berhasil diangkatnya. 

Panen parsial ini adalah panen untuk mengurangi kepadatan dari kapasitas tambak yang ada. Artinya, pengambilan udang ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan atau daya tampung tambak agar tidak terlalu penuh. Udang tersebut biasanya di ekspor ke luar negeri, seperi Tiongkok. 

Tambak udang milik PT. Ghana Utamadi Dhuniara, berdiri di sekitar Pantai Blebak, Desa Sekuro, Kecamatan Mlonggo memiki luas sekitar 13 hektare. Ada sekitar 50 orang yang bekerja di tambak tersebut. Tambak udang ini, bisa dijadikan percontohan tambak lainnya. Karena selain sudah berijin, juga dilengkapi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), yang baik. 

"Budidaya udang harus memiliki konsep berkelanjutan. Artinya memperhatikan lingkungan sekitar," ujar Edy. 

IPAL yang ada di tambak tersebut, juga dilengkapi kolam atau penampungan ikan. Sehingga dapat dilihat, jika ikan-ikan tersebut hidup maka tingkat kesesuaian air tambak itu bagus. Begitu sebaliknya. 

Panen parsial ini dilakukan saat udang berusia 100 hari. Rata rata udang yang dipanen berukutan antara 40 sampai 50 ekor per kilogram. 

"Hasilnya cukup membanggakan dan berhasil," ungkap Hendro, pengelola tambak udang tersebut. 

Baca juga: Chord Kunci Gitar First Love Utada Hikaru, You Are Always Gonna Be My Love

Baca juga: Peringati Hari Pangan Sedunia, Dispangtan Salatiga Gelar Flashmob

Baca juga: UPDATE : 4 Siswa SMK 10 Dibekuk Setelah Melakukan Penyerangan Terhadap Pelajar SMK 3

Baca juga: Pemuda Magelang yang Habisi Seluruh Keluarganya Ternyata Sudah Lama Rancang Aksi, Tak Ada Penyesalan

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved