Berita Sukoharjo

Pantauan Pemkab Sukoharjo, Telur dan Cabai Rawit Turun Jelang Natal dan Tahun Baru

Pemkab Sukoharjo terus melakukan pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok di pasar.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Pemkab Sukoharjo memantau harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat di pasar, Kamis (21/12/2022). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Pemkab Sukoharjo terus melakukan pemantauan harga dan stok kebutuhan  pokok di pasar tradisional dan pasar modern di Kabupaten Sukoharjo. 

Ini untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga menjelang Natal dan Tahun Baru. 

Hari ini, Kamis (21/12/2022), Pemkab kembali terjun ke lapangan untuk memantau harga dan stok kebutuhan masyarakat di pasaran. 

Hasilnya, sampai saat ini, harga rata-rata kebutuhan pokok belum mengalami kenaikan signifikan alias masih terkendali. 

Data Dinas Perdagangan dan UKM Kabupaten Sukoharjo, harga rata-rata kebutuhan masih stabil. 

Misal ada kenaikan, misal daging ayam, tidak signifikan. Harga daging ayam di Pasar Ir. Soekarno di kisaran Rp 33 ribu, atau naik sekitar Rp 1000 di banding harga sebelumnya masih Rp 32 ribu. 

"Rata-rata gak naik. Malah ada beberapa yang turun, "kata Purwanto, pengaministrasi umum di Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan UKM Kabupaten Sukoharjo

Telur ayam termasuk komoditas yang turun harganya menjelang Natal dan Tahun Baru 2023. 

Jika sebelumnya harga telur ayam mencapai Rp 30 ribu per kilogram, saat ini di Pasar Ir. Soekarno turun menjadi Rp 27 ribu per kilogram.  Harga telur ayam turun karena sebelumnya sudah berada di puncak harga, Rp 30 ribu. 

Diperkirakan ketersediaan telur melimpah sehingga mampu menekan harga di pasaran meski semakin dekat dengan hari besar Natal dan Tahun Baru. 

Selain telur ayam, komoditas lain yang turun menjelang Natal dan Tahun Baru adalah cabe rawit merah, dari sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram. 

Biasanya, berkaca dari periode sebelumnya, harga kebutuhan pokok akan naik di H-2 atau H-3 Natal hingga pergantian tahun.

"Semoga sih tetap stabil, tidak naik," katanya

Sebelumnya, Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, ikut memantau langsung harga dan stok kebutuhan pokok masyarakat, Senin (19/12/2022). 

Wabup melakukan pantauan di sejumlah pasar modern yang ada di Sukoharjo kota. Sedangkan tim kedua menyasar sejumlah pasar tradisional antara lain Pasar Nguter, Pasar Tawangsari, dan Pasar Sukoharjo.

Dikatakan Agus, secara umum harga barang kebutuhan masyarakat masih normal. Meski ada naik turun harga, hal itu masih dalam taraf kewajaran. Begitu juga soal stok barang kebutuhan pokok, terpantau masih aman. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved