Berita Sukoharjo

Program Ketahanan Pangan, Kodim 0726 Sukoharjo Panen Raya Jagung di Desa Bulu

Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi memimpin panen raya jagung.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Letkol Czi Slamet Riyadi, Dandim 0726/Sukoharjo memimpin panen raya jagung dalam rangka program ketahanan pangan. 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi memimpin panen raya jagung dalam rangka program ketahanan pangan.

Kegiatan itu bertempat di lahan Demplot Jagung Kodim 0726/Sukoharjo Dukuh Bulu RT 01 RW 06, Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo

Pelaksanaan program Ketahanan Pangan Kodim 0726/Sukoharjo bagian dari upaya mensukseskan program ketahanan pangan nasional. 

Lahan Demplot yang digunakan adalah lahan milik masyarakat  dengan luas total 2 hektar.

Kades Bulu Widodo menyampaikan  terimakasih kepada Dandim 0726/Sukoharjo, yang telah berkenan melaksanakan program tanam jagung di wilayahnya.

Dandim 0726/Sukoharjo menyampaikan, ini adalah program dari KASAD dimana seluruh jajaran Kodim se Indonesia wajib melaksanakan program ketahanan pangan. 

Ini diharapkan bisa menopang atau mensukseskan program pemerintah bidang ketahanan pangan nasional.

Ia menyampaikan, di Kementerian Pertahanan memiliki program Food Estate yang dicanangkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Food Estate adalah suatu usaha budidaya tanaman secara luas  lebih dari 25 hektar  dengan konsep pertanian sebagai sistem industrial bebasis ilmu pengetahuan dan teknologi, modal, organisasi serta manajemen modern,” terangnya, Kamis (29/12/2022). 

Kodim sebagai pelaksana program telah mencari dan menyiapkan lahan kosong hingga berkoordinasi dengan Kepala Desa atau Camat, serta Dinas Pertanian sebagai penyedia bibit. 

TNI juga terlibat dalam pemeliharaan hingga masa panen bersama masyarakat. 

”Kita sebagai pelaksana. Bibit dari Dinas pertanian, lahan dari desa atau masyarakat, hasil untuk masyarakat," katanya.

Pelaksanaan Program Ketahanan Pangan Kodim 0726/Sukoharjo bukan hanya  penanaman jagung, tetapi juga program tanam Kelapa Genjah. 

Pihaknya sudah memulai program itu di Kecamatan Kartasura dan Grogol. Sebagian kegiatan sudah berjalan, sebagian lain masih dalam tahap penyiapan lahan. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved