Berita Sukoharjo

Bupati Sukoharjo Etik Suryani Kukuhkan Forum Anak, Ini Fungsinya

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengukuhkan Pengurus Forum Anak Sukoharjo.

Penulis: khoirul muzaki | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Khoirul muzaki
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengukuhkan Pengurus Forum Anak Sukoharjo Tingkat Kabupaten dan Kecamatan Periode 2022-2024 di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Rabu (4/1/2023). 

TRIBUNJATENG.COM, SUKOHARJO - Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengukuhkan Pengurus Forum Anak Sukoharjo Tingkat Kabupaten dan Kecamatan Periode 2022-2024 di Auditorium Gedung Menara Wijaya Lantai 10, Rabu (4/1/2023). 

Setelah dikukuhkan oleh bupati, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan. Bupati mengatakan, anak merupakan investasi sosial untuk keberlanjutan pembangunan bangsa. 

Anak adalah pewaris negeri yang akan menentukan maju mundurnya negeri ini. 

“Selain itu, anak adalah individu unik, yang tidak dapat disamakan dengan orang dewasa, baik dari segi fisik, emosi, pola pikir, maupun tingkah lakunya,” ujar Bupati, Rabu (4/1/2023) 

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu Negara yang telah meratifikasi Konvensi Hak Anak (KHA) dari PBB. 

Konsekuensinya, negara wajib untuk to respect (menghargai), to protect (melindungi), to fulfill (memenuhi) hak-hak anak. 

Untuk memenuhi salah satu hak anak yaitu hak partisipasi dalam pembangunan sesuai  UU Perlindungan Anak, pemerintah membentuk Forum Anak sebagai wadah partisipasi anak dalam menyalurkan aspirasi, suara, pandangan, keinginan dan kebutuhan anak dalam proses pembangunan

Peran Forum Anak melalui partisipasi dalam perencanaan pembangunan untuk memastikan, kebutuhan dan kepentingan anak tertampung dalam perencanaan pembangunan, melalui keterwakilan mulai dari tingkat Desa/ Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/ Kota, Provinsi dan Nasional. 

Bupati berpesan kepada seluruh Pengurus Forum Anak baik Tingkat Kabupaten maupun Kecamatan untuk menjadi pelopor yang senantiasa membiasakan bertindak, berpikir serta berkata positif, berinovasi dan kreatif. 

"Juga, menjadi mitra yang baik bagi sesama anak dan pemerintah. Jadilah agen perubahan demi kemajuan dan keberhasilan pembangunan di Kabupaten Sukoharjo, " katanya

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan KB dan P3A Kabupaten Sukoharjo, Proboningsih Dwi Danarti menyampaikan, Forum Anak dibentuk secara berjenjang mulai dari tingkat Nasional, Provinsi, Kabupaten/ Kota, Kecamatan, dan Desa/ Kelurahan. 

Forum Anak memiliki peran penting sebagai Pelopor dan Pelapor (2 P) serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan.

Sebagai pelopor, peran Forum anak untuk selalu berkontribusi aktif dalam berbagai upaya dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus. 

Peran sebagai Pelapor yakni dengan melaporkan hambatan-hambatan dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak kepada pemerintah, melalui Tim yang tergabung dalam Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), yang juga sebagai Leading Sector Dinas PPKBP3A. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved