Berita Banyumas

Desa Dawuhan Kulon Banyumas Berpotensi Jadi Agrowisata, Sentra Bibit Berbagai Jenis Tanaman

Desa Dawuhan Kulon, Kecamatan Kedungbanteng diharapkan menjadi sentra pembibitan tanaman keras, tanaman perkebunan, dan hortikultura.

Penulis: Permata Putra Sejati | Editor: m nur huda
Ist. Pemkab Banyumas
Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono saat berkunjung ke Desa Dawuhan Kulon Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Sabtu (7/1/2023). 

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Desa Dawuhan Kulon, Kecamatan Kedungbanteng diharapkan menjadi sentra pembibitan tanaman keras, tanaman perkebunan, dan hortikultura.

Khususnya juga buah-buahan dikembangkan menjadi agrowisata yang mendatangkan rupiah.


Hal itu disampaikan Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono saat berkunjung ke Desa Dawuhan Kulon Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas Sabtu (7/1/2023). 


"Saya sedang jalan-jalan malah kaget jika ternyata potensi pembibitan berbagai jenis tanaman di Desa Dawuhan Kulon sangat besar," kata Sadewo Tri Lastiono kepada Tribunbanyumas.com, dalam rilis.


Sadewo cukup terkejut ternyata bibit tanaman hasil penangkaran sudah dipasarkan ke pelosok tanah air. 


Termasuk bibit tanaman yang dijual di Salaman, Kabupaten Magelang yang dikenal sebagai sentra penjualan bibit tanaman, berasal dari Desa Dawuhan Kulon.


Wabup mengaku langsung menghubungi anggota Komisi IV DPR RI Sunarna, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan apabila ada program pengadaan bibit tanaman agar bisa membeli dari Banyumas.


Hal itu karena di Banyumas ada "gudangnya" bibit tanaman.


Selain menghubungi anggota DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah, Wabup Sadewo juga menghubungi Kepalai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dinpertan KP) Kabupaten Banyumas.


Ia meminta tahun anggaran 2023 ada pengadaan bibit kopi untuk beli di Desa Dawuhan Kulon.


"Tadi menurut petani, centra pembibitan tanaman di Desa Dawuhan Kulon ini sudah bersertifikat," lanjutnya.


Untuk itu pembelian bibit kopi kegiatan Dipertan KP tidak perlu jauh-jauh karena di Banyumas juga ada yang menyediakannya.


Wabup meminta penangkar, dan petani tanaman perkebunan, kehutanan, dan hortikultura Desa Dawuhan Kulon untuk promosinya lebih masif. 


Karena selama mungkin kurang promosi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved