Unsoed Purwokerto

Mahasiswa Jurusan Kimia Unsoed Kuliah di Jepang

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto semakin memantapkan kiprahnya dalam kancah internasional.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
IST
Mahasiswa Jurusan Kimia Unsoed Kuliah di Jepang 

TRIBUNJATENG.COM - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto semakin memantapkan kiprahnya dalam kancah internasional.

Mahasiswa Jurusan Kimia Unsoed Kuliah di Jepang
Mahasiswa Jurusan Kimia Unsoed Kuliah di Jepang (IST)

Belum lama ini Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unsoed kembali mengirimkan mahasiswanya untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman di Jepang melalui kegiatan Sakura Science Exchange Program di University of Fukui, Jepang. 

Mahasiswa yang berangkat ke Jepang tahun ini adalah Rizqi Afifah dan Fida Nur Azizah di bawah bimbingan dosen FMIPA Amin Fatoni, Ph.D. 

Kegiatan Sakura Science Exchange Program ini merupakan salah satu implementasi kerjasama antara Universitas Jenderal Soedirman dan University of Fukui yang sudah dimulai sejak tahun 2017.

Mahasiswa Jurusan Kimia Unsoed Kuliah di Jepang
Mahasiswa Jurusan Kimia Unsoed Kuliah di Jepang (IST)

Pada tahun 2023 ini kegiatan Japan-Asia Youth Exchange Program in Science (SAKURA Exchange Program in Science) dilaksanakan mulai tanggal 5 - 13 Januari 2023.

Kegiatan rutin ini sempat terhenti pelaksanaannya pada tahun 2021 dan 2022 karena adanya pandemi Covid-19.

Seperti periode-periode sebelumnya, program pertukaran mahasiswa ini dilaksanakan di University of Fukui, yang terletak di kota Fukui, Jepang. 

Sakura Exchange Program merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Japan Science and Technology Agency (JST, website:http://ssp.jst.go.jp/EN/), dibawah bimbingan Prof. Hiroaki Sakamoto dari University of Fukui. 

Tujuan utama kegiatan ini adalah mempromosikan sains dan teknologi negara Jepang dan negara-negara di Asia lainnya untuk meningkatkan peran penting dalam peningkatan perkembangan sains dan teknologi melalui kerjasama antara akademisi, industri dan pemerintah.

Sasaran utama peserta program ini adalah peneliti muda yang akan menjadi ujung tombak pada perkembangan ilmu dan teknologi kedepannya. 

Pada kegiatan ini, diperkenalkan percobaan-percobaan laboratorium terkini seperti pembuatan nanofiber, pembuatan biosensor, pengujian antibiotik dan pemurnian protein. 

Selain itu, juga dilakukan kunjungan ke berbagai tempat seperti Industrial Technology Center of Fukui Prefecture yang merupakan institusi untuk menjembatani riset Universitas dan Industri.

Beberapa hasil riset Universitas dapat ditawarkan di sini untuk dipergunakan di Industri, dan sebaliknya beberapa permasalahan teknologi di Industri dapat disampaikan di sini untuk dipecahkan bersama-sama dengan peneliti dari Universitas. 

Saat ini salah satu alumni Jurusan Kimia FMIPA Unsoed ada yang bekerja di Fukui, Jepang. Alumni tersebut adalah Richo Dwi Permadi, yang sebelumnya juga mengikuti kegiatan Sakura Science Exchange Program.
Setelah lulus sarjana dari FMIPA Unsoed, Richo melanjutkan studi Master Degree di University of Fukui.

Pengalaman mengikuti program pertukaran mahasiswa di Jepang inilah yang kemudian membuka jalan Richo untuk dapat studi lanjut dan bekerja di negeri Sakura.(*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved