USM

Himateta FTP USM Gelar Upgrading

Beliau juga menyampaikan cara merendam emosi yang paling utama adalah mengenali karakter diri sendiri dan orang lain.

Penulis: Abduh Imanulhaq | Editor: galih permadi
Istimewa
Foto bersama usai kegiatan 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG- Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (HIMATETA) Universitas Semarang (USM) menyelengarakan kegiatan UPGRADING dengan tema “Meningkatkan Kompetensi Anggota Himateta guna mewujudkan Kepengurusan yang Progresif”, pada hari jum'at tanggal 19 Mei 2023 yang diadakan di gedung Prof. Ir. Joetata Hadihardaja lantai 4 di ruang 4.7. 

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah neningkatkan kinerja kepengurusan Himateta, sebagai wadah mengenal satu sama lain antara pengurus dengan kader Himateta dan meperbaharui kapasitas dan kualitas masing-masing kepengurusan Himateta. 

Acara UPGRADING ini diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars USM. Kemudian dilanjut sambutan, untuk sambutan yang pertama Ketua Pelaksana yaitu Febi Safitri. Ketua mengatakan acara ini sebenarnya hanya untuk Internal tetapi juga . Ketua berharap acara ini berjalan dengan lancar.

Acara selanjutnya Sambutan dari Fadly Muhammad Irhab Ra’uf selalu Ketua HIMATETA. Ketua mengatakan mahasisswa sebagai tulang punggung bangsa, aset bangsa yang dibina. Kelangsungan bangsa dimasa depan tergantung mahasiswa sekarang. Mahasiswa sebagai Agen Of Change, Ironstock. Suatu bangsa akan maju bukan karena kelimpaha SDM, tetapi karena kekayaan PSDM. 

Acara selanjutnya yaitu sambutan dan sekaligus membuka acara oleh Ibu Ika Fitriana, S.TP, M.Sc  selaku Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang. Beliau mengatakan belajar tentang pola pikir prestatif dan sikap kritis sangat penting untuk para mahasiswa. Acara selanjutnya pembacaan doa yang dipimpin oleh saudari Nailul Hana Syarofania.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Ibu Helen Intania, .S.H, M.H Dosen Fakultas Hukum Universitas Semarang dan ketua satgas PPKS beliau membawakan materi Pola Pikir Prestatif. Beliau sharing tentang pengalaman beliau saat menjadi mahasiswa.

Beliau memaparkan tentang belajar memiliki pola pikir yang prestatif,  membiasakan diri mengatur strategi untuk mencapai target atau hasil optimal yang ingin dicapai. Acara selanjutnya sesi diskusi dan pemaparan hasil diskusi tentang identifikasi, ambisi, kendala dan upaya para peseta selama menjadi mahasiswa di Universitas Semarang.

 Dilanjutkan pemaparan materi oleh Ibu Dr. Tri Mulyani, SPd., S.H., M.H. Dosen Fakultas Hukum Universitas Semarang beliau membawakan materi Sifat Kritis. Beliau mengatakan berpikir kritis adalah pengambilan keputusan terhadap suatu masalah berdasarkan atas pertimbangan-pertimbangan yang matang misalnya baik dan buruk akibat dari keputusan yang diambil. Tujuan dari bersipik kritis salah satunya adalah sebagai bentuk pengenbangan dan perbaikan diri.

Beliau juga menyampaikan ciri seorang pemikir kritis yaitu rasa ingin tahu intelektual, berfikir terbuka, kehati-hatian intelektual, perencara dan strategis. Sifat kritis adalah sifat memicu kepada karakter seseorang maka sifat kritis adalah sikap seseorang yang  selalu berfikir kritis.

Sesi diskusi dan pemaparan hasil diskusi tentang apakah seorang anak umur 14 tahun yang menjadi bandar narkoba bisa dikatakan memiliki sifat kritis, apa cara untuk mengasah sifat kritis, dan cara merendam emosi disaat situasi emosional. Beliau juga menyampaikan cara merendam emosi yang paling utama adalah mengenali karakter diri sendiri dan orang lain.

Cara mengembangkan berfikir kritis dengan cara melatih diri agar berpikir seimbang, melatih kesadaran situasional, melatih dan mengembangkan pemikiran secara efektif dan efisien, menunjukkan kecerdasan emosional kita, berfokus pada tujuan dan hasil. Beliau juga menyampaikan bagi siapa saja yang tidak mau berfikir kritis dalam kehidupan akan mudah terjabak dalam kesesatan.

Kegiatan dilakukan secara hybrid, untuk offline diikuti oleh anggota dan pengurus HIMATETA sejumlah 38 peserta sedangkan yang online diikuti oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang sebanyak 23 peserta. (*)

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved