Railbus Solo Wonogiri

Kemenhub Tunda Pengoperasian Railbus di Solo-Wonogiri

Kemenhub Tunda Pengoperasian Railbus di Solo-Wonogiri

Kemenhub Tunda Pengoperasian Railbus di Solo-Wonogiri
tribunjateng/suharno/dok
FOTO DOKUMEN ujicoba railbus. Kemenhub Tunda Pengoperasian Railbus di Solo-Wonogiri. Padahal rencana semula railbus akan operasional mulai 6 Februari. Pembatan ini mendadak oleh Kemenhub, hingga waktu yang belum ditentukan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Suharno

TRIBUNJATENG.COM, SOLO - Masyarakat Kota Solo dan sekitarnya yang ingin merasakan naik railbus Bathara Kresna harus bersabar lantaran kereta yang didatangkan Joko Widodo saat masih menjabat sebagai Wali Kota Solo pada tahun 2011 ini batal beroperasi.

Hal ini lantaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) secara sepihak membatalkan operasional Railbus sampai waktu yang belum ditentukan.

Padahal persiapan untuk pengoperasian Railbus ini sudah hampir mencapai seratus persen.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad, menyebutkan pemberitahuan pembatalan pengoperasian ini baru diterima awal pekan.

Padahal sesuai rencana, kereta buatan PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun bakal beroperasi pada tanggal 6 Februari 2015 atau hari Jumat pekan ini dengan rute Solo-Wonogiri Pergi Pulang (PP).

Berbagai persiapan seperti pengecekan jalur rel, kondisi sekitar lintasan dan kelayakan infrastruktur, menurutnya sudah dilakukan.

Selain itu, petugas yang mengatur lalu lintas saat kereta melintas di dalam kota sudah dipersiapkan oleh Dishubkominfo.

Namun menurutnya persiapan ini terkesan sia-sia karena setelah mendekati hari peluncuran, keputusan pembatalan muncul. Padahal menurut pria yang akrab disapa Herman tersebut, pengoperasian Railbus sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

Hal ini lantaran Railbus digadang-gadang sebagai transportasi modern yang murah untuk menjangkau rute Solo-Sukoharjo dan berakhir di Wonogiri.

"Pemangkasan pohon di sekitar rel sudah dilakukan, uji coba dan pembahasan tarif sudah dilakukan bersama PT KAI, namun kenyataanya railbus gagal beroperasi," ujarnya, Rabu (4/2/2015) (*)

Penulis: suharno
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved