TribunJateng/

Pengidap Hepatitis B Capai Jutaan Jiwa, Dokter Ini Sarankan Vaksinasi dari Bayi

‎Jumlah pengidap Hepatitis B di Indonesia mencapai 13 juta orang. Angka tersebut menurut Dr Hery Jagat Purnomo

Pengidap Hepatitis B Capai Jutaan Jiwa, Dokter Ini Sarankan Vaksinasi dari Bayi
Net
Ilustrasi Hepatitis 

Laporan wartawan Tribun Jateng, Ponco Wiyono

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - ‎Jumlah pengidap Hepatitis B di Indonesia mencapai 13 juta orang.

Angka tersebut menurut Dr Hery Jagat Purnomo dari RSUD Dr. Kariadi, menjadikan Indonesia masuk dalam 75 persen negara penyumbang jumlah terbesar pengidap penyakit hati tersebut.

Dalam Peringatan Hari Hepatitis Sedunia yang digelar bersama Kimia Farma pada Kamis (31/8/2017) itu, Hery menyampaikan jika angka pengidap sebenarnya lebih tinggi.

"Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar pada 2012, prevalensi jumlah pengidap Hepatitis B mencapai 24 juta jiwa. Artinya 1 dari 10 orang mengidap penyakit ini," urainya di Gedung Diklat Ruang Anggrek RSUP dr Kariadi.

Baca: NGAMUK ! Perempuan Ini Serang Suaminya yang Lagi Gendong Penari Telanjang

Merujuk pada hal tersebut, Hery mengingatkan masyarakat agar lebih peduli pada penyakit yang berpotensi menimbulkan kanker hati itu.

Menurutnya, beberapa cara yang bisa diambil antara lain dengan memeriksakan diri bagi pengguna obat suntik, atau masyarakat yang tergolong kelompok beresiko seperti pengguna napza dan pengidap HIV.

Baca: Istri Tersangka Curanmor Dapati Badan Suami Luka-Luka Setelah Diperiksa Polisi, Ini Pengakuannya

"Kanker hati merupakan penyakit yang pengobatannya belum memuaskan sampai sekarang," ungkap Kepala Divisi Gastro Hepatologi RSUD Dr. Kariadi itu.

"Langkah pencegahan sedini mungkin juga perlu, yakni vaksinasi pada bayi baru lahir, serta perlakuan khusus ibu hamil yang mengidap Hepatitis B. Usaha ini juga mandat WHO untuk bangsa kita agar 2030 kita bebas dari penyakit ini," beber Hery. (*)

Penulis: ponco wiyono
Editor: bakti buwono budiasto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help