Pemkot Semarang dan Pemkot Toyama Jepang Launching Converter Gas pada BRT Trans Semarang

Terkait launching, sebanyak 72 armada BRT Trans Semarang di Kota Semarang mengalami konversi bahan bakar, yaitu dari solar menjadi gas

Pemkot Semarang dan Pemkot Toyama Jepang Launching Converter Gas pada BRT Trans Semarang
Tribunjateng.com/Faizal Affan
Foto bersama usai menekan tombol diresmikannya BRT Trans Semarang berbahan bakar gas di hotel Patra Semarang Rabu (9/1/2019) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Reza Gustav

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang bekerjasama dengan Pemkot Toyama, Jepang, melaunching converter gas pada Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang, hari ini, Rabu (9/1/2019) di Patra Hotel, Semarang, Jawa Tengah.

Dalam acara itu, turut hadir Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang diwakili Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta wali kota dan bupati lainnya.

Selain itu, Delegasi dari Jepang seperti Wali Kota  Toyama, Jepang, Masashi Mori dan jajarannya terlihat hadir mengikuti proses launching. 

Terkait launching, sebanyak 72 armada BRT Trans Semarang di Kota Semarang mengalami konversi bahan bakar, yaitu dari solar menjadi gas.

Pengkonversian dilakukan menggunakan alat yang bernama Compress Natural Gas (CNG) guna mengurangi emisi gas buang, menambah tenaga dan tentunya lebih ramah lingkungan.

Ada lima koridor BRT yang dikonversi, yaitu Koridor 1, 5, 6, 7 dan koridor Bandara.

“Keberhasilan Kota Toyama kini menjadi percontohan future city. Di kota toyama kami memiliki perusahaan berteknologi canggih dalam hal mengkonversi minyak menjadi gas,” ujar Masashi Mori usai launching.

“Kami memiliki project dan akan perbanyak kerjasama dengan kota-kota di negara lain. Kota Semarang adalah yang pertama kalinya,” sambungnya.

Kepala BLU Trans Semarang Ade Bakti saat uji coba pengisian bahan bakar gas ke satu armada BRT Trans Semarang, hari ini, Rabu (9/1/2019) di Patra Hotel. (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV)
Kepala BLU Trans Semarang Ade Bakti saat uji coba pengisian bahan bakar gas ke satu armada BRT Trans Semarang, hari ini, Rabu (9/1/2019) di Patra Hotel. (TRIBUN JATENG/REZA GUSTAV) (Tribunjateng.com/Reza Gustav Pradana)

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi) menjelaskan bahwa proses launching tersebut adalah langkah konkret yang merupakan hasil kerjasama sister city.

Halaman
12
Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved