Breaking News:

Public Service

Ini Prosedur Pendaftaran Haji Khusus

mau tanya prosedur pendaftaran haji khusus bagaimana ya?

Penulis: dini | Editor: rustam aji
Ini Prosedur Pendaftaran Haji Khusus
Tribun Jateng/Yusup Bayu Permadi
ilustrasi - 288 calon jemaah haji Kota Pekalongan mengikuti silaturahmi dan Pamitan Jemaah calon haji Kota Pekalongan 1434 H dengan forum komunikasi pimpinan daerah (FKPD) dan Kanwil kementrian agama provinsi Jawa Tengah, Selasa (3/9/2013).

Assallamu'alaikum, Tribun- mohon informasinya, insya Allah tahun 2014 nanti saya mau mendaftarkan orangtua saya pergi haji, mau tanya prosedur pendaftaran haji khusus bagaimana ya? Orangtua saya sudah berumur 50an.
Mohon informasinya Tribun.
087832385xxxx

Wa'alaikumsallam warahmatullahi wabarakatuh, Terimakasih atas pertanyaan Bapak atau Ibu,

Adapun prosedur pendaftaran haji khusus sebagai berikut :
1. Calon jemaah atau petugas Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang dikuasakan datang ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah di Jalan Sisingamangaraja 5 Semarang.
2. Calon jemaah atau petugas  PIHK yang dikuasakan menyerahkan surat permohonan dan fotokopi identitas diri.
3. Petugas Kementerian Agama memeriksa surat permohonan beserta berkas kelengkapan lainnya.
4. Petugas Kementerian Agama mengentrykan nama-nama yang terdapat pada surat permohonan serta identitas lain yang diperlukan ke dalam aplikasi, selanjutnya mencetak hasil entryan. Hasil cetakan berisikan :
   - Nomor urut,
   - Nama calon jemaah
   - Nomor Pendaftaran dan nomor Surat Permohonan Perjalanan Haji (SPPH)
   - Hasil cetakan dan balngko SPPH diberikan ke calon jemaah atau petugas PIHK yang dikuasakan untuk diisi.
5. Calon jemaah atau petugas PIHK yang dikuasakan mengisi SPPH dan diberi nomor SPPH sesuai dengan hasil cetakan, selanjutnya SPPH ditandatangani oleh calon jemaah yang bersangkutan atau petugas PIHK yang dikuasakan oleh pimpinan perusahaan kemudian menyerahkan kembali kepada petugas Kementerian untuk ditandatangani oleh Pejabat Kementerian Agama dengan melampirkan :
a. Surat keterangan berbadan sehat dari dokter.
b. Fotokopi KTP yang masih berlaku atau identitas lain yang sah sesuai dengan ketentuan yang berlaku
c. Fotokopi kartu keluarga yang masih berlaku
d. Fotokopi akte kelahiran atau surat kenal lahir atau buku nikah atau ijazah
e. Apabila sudah memiliki paspor yang masih berlaku sekurang-kurangnya 6 (enam) bulan sebelum pemberangkatan maka point c dan d cukup dilampirkan fotokopi paspor.
f. Surat Keterangan pilihan PIHK dari PIHK yang memiliki izin dari Menteri Agama dan memiliki Personal Indentification Number (PIN) dari Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.
g. Pas Foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 10 (sepuluh) lembar dengan latar belakang putih dan tampak wajah 70 persen sampai 80 persen.
6.Petugas Kementerian Agama memeriksa berkas dan isian SPPH, dan selanjutnya di paraf dan diserahkan kepada Pejabat Kementerian Agama untuk ditandatangani.
7. Setelah ditandatangani oleh Pejabat Kementerian Kementerian Agama nomor SPPH dilakukan otorisasi ke dalam sistem untuk pengaktifan nomor SPPH, agar proses penyetoran di Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) bisa dilaksanakan.
8. Lembar merah pada SPPH di simpan di Kementerian Agam dan lembar laun diberikan ke calon jemaah atau petugas PIHK yang dikuasakan.
9. Calon jemaah atau petugas PIHK yang dikuasakan, melakukan setoran awal dengan persyaratan yang telah ditentukan.
10. Setelah mendapatkan nomor porsi dan bukti setoran awal, caln jemaah atau petugas PIHK yang dikuasakan lapor ke Kementerian Agama dengan membawa bukti setoran awal BPIH dengan ketentuan :
a. Lembar ketiga untuk Kantor Wilayah Kementerian Agama
b. Lembar kelima untuk Direktorat Pelayanan Haji
11. Calon jemaah atau petugas PIHK yang dikuasakan lapor ke Kementerian Agama untuk melakukan konfirmasi ke Sistem Komunikasi Haji Terpadu (Siskohat)  dan mengarsipkan. Demikian penjelasan dari kami, terimakasih. (dni)

Norbadi
Kepala Bidang Haji
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved