KSP Intidana Tumbuh Lagi, Tahun 2017 Target SHU Mencapai Rp 10 Miliar

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana terus berbenah. Sampai akhir 2017 nanti, menargetkan Sisa Hasil Usaha (SHU) dapat mencapai Rp10 miliar.

Penulis: hermawan Endra | Editor: iswidodo
tribunjateng/hermawan endra
RAPAT ANGGOTA- KSP Intidana melaksanakan Rapat Anggota Kelompok di 16 wilayah mulai 10 Oktober 2016 sampai 4 November 2016. KSP Intidana tumbuh lagi dan menargetkan SHU di tahun 2017 mencapai Rp 10 miliar. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Hermawan Endra Wijonarko

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebagai koperasi yang baru saja bangun dari permasalahan gugatan kepailitan, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana terus berbenah. Sampai akhir 2017 nanti, pengurus baru menargetkan Sisa Hasil Usaha (SHU) dapat mencapai Rp10 miliar.

"Dalam progress kinerja di bawah pengelolaan pengurus baru telah berhasil mencapai perkembagan SHU positif. Sampai September 2016 sebesar Rp1,9 miliar dan dalam rencana strategi tahun 2017 mentargetkan pada 31 Desember 2017 nanti SHU KSP Intidana akan meningkat menjadi Rp10 miliar," kata Ketua Umum KSP Intidana, Budiman Gandi Suparman, saat acara rapat anggota di Hotel Patra Jasa Semarang, Senin (10/10) malam.

Ia menambahkan, KSP Intidana terus melakukan pembenahan kelembagaan dan manajemen sesuai dengan amanah UU Koperasi No 25 tahun 1992. Salah satu wujud dari kembalinya jatidiri koperasi ini adalah dengan melaksanakan rapat anggota.

Sampai saat ini, jumlah anggota aktif KSP Intidana setelah dilakukan proses pengkinian data sampai dengan September 2016 berjumlah 38.353 orang, yang tersebar di lima provinsi yaitu Jawa Tengah, DIY, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Dengan jumlah anggota yang cukup besar tidak memungkinkan untuk mengundang seluruh anggota hadir dalam forum Rapat anggota, maka sesuai Peraturan Menteri Koperasi dan UKM RI Nomor 19/PER/M.KUKM/IX/2015 tentang penyelenggaraan Rapat Anggota Koperasi dan Peraturan Khusus KSP Intidana Nomor 33/NID-PK/IX/2016 tentang petunjuk pelaksanaan Rapat Anggota Koperasi, dimana sebelum dilaksanakannya Rapat Anggota Tahunan (RAT) , untuk menampung aspirasi dan usulan dari anggota dilaksanakan Rapat Anggota Kelompok yang kemudian perwakilan anggota dari RA kelompok tersebut selanjutnya dikirim ke rapat Anggota Paripurna.

KSP Intidana melaksanakan Rapat Anggota Kelompok di 16 wilayah mulai 10 Oktober 2016 sampai 4 November 2016. Pada tahap satu, rapat anggota kelompok diselenggarakan pengurus untuk area Semarang yang terdiri dari anggota cabang Majapahit, Ngaliyan, Candisari, dan Eks cabang Gang Besen pada hari Senin 10 Oktober 2016 di Rama Shinta Ballroom Hotel Patra jasa Semarang.

Budiman menambahkan, sebagai wujud apresiasi positif pengurus terhadap keterlibatan anggota dalam pembenahan koperasi, saat acara rapat anggota kelompok tahap pertama di area Semarang terdapat 26 anggota beruntung yang mendapatkan percepatan pembayaran bagi anggota penyimpan dan discount outstanding bagi anggota peminjam sebesar Rp 3 juta atau maksimal sebesar nominal simpanan atau outstanding pinjaman anggota. "Acara berlangsung sukses dan kondusif serta menghasilkan keputusan dan kesepakatan yang disetujui oleh kuorum anggota RA Kelompok," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved