Tribun Community

Dojo Bushido Jadi Tempat Belajar Seni Beladiri Aikido

Berwajah tenang tanpa menggunakan teriakan saat beraksi, lawan yang dihadapi takluk hanya dengan menggunakan dua gerakan tangan.

Dojo Bushido Jadi Tempat Belajar Seni Beladiri Aikido
Istimewa
SEUSAI BERLATIH - Para anggota Dojo Bushido berkumpul bersama sesusai latihan rutin. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Di sebuah aula gedung milik kantor Kelurahan Sambiroto, Tembalang, Semarang terdapat, terlihat beberapa orang berpakaian serba putih.

Mereka saling membanting di atas matras berwarna biru, dan sesekali mengusap keringat di dahi yang seukuran biji jagung. Mereka adalah komunitas Dojo Bushido.

Berwajah tenang tanpa menggunakan teriakan saat beraksi, lawan yang dihadapi takluk hanya dengan menggunakan dua gerakan tangan. Para anak asuh Gautama (42) ini sedang berlatih bela diri Aikido.

Mereka melakukan aktivitas itu setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat mulai pukul 18.00. Dari usia belasan hingga puluhan tahun ada di dalamkomunitasini.

"Kami tidak membatasi umur untuk belajar Aikido, dari usia masih SD hingga yang sudah berkeluarga pun tetap bisa ikut. Bahkankomunitaskami mengajak teman-teman difabel untuk bisa ikut serta berlatih Aikido," papar Gautama yang menjadi pelatih, kepada Tribun Jateng, baru-baru ini.

Terbentuk pada 1 Desember 2014, awal mula komunitas ini hanya beranggotakan tiga orang. Seiring berjalannya waktu, komunitas ini sudah merangkul lebih dari 30 anggota.

"Saya sendiri sebagai guru di sini tidak pernah memaksa seseorang untuk harus mempelajari seni bela diri Aikido. Mereka yang tahu, biasanya mendapat informasi dari mulut ke mulut," tutur Gautama.

Ia menambahkan, anggota yang ada di dalam komunitas Dojo Bushido ada yang sudah pernah merasakan bela diri Karate dan Taekwondo. Aikido sendiri merupakan bela diri yang menggunakan kekuatan lawan untuk bertarung, dan menuntut ketenangan saat menggunakan teknik-tekniknya.

Seseorang yang berlatih Aikido diajak untuk tidak menggunakan emosi. Berasal dari kata Ai artinya Harmoni, Ki artinya Jiwa, dan Do berarti jalan atau cara. Aikido bukan hanya sebuah bela diri untuk mempertahankan dari serangan lawan, namun ada unsur keseimbangan filosofi hidup yang diterapkan pada setiap anggota.

Gautama juga menerapkan tujuh prinsip dasar Bushido (kode etik kesatria samurai Jepang) ke dalam bela diri Aikido.

Halaman
12
Penulis: faisal affan
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved