Breaking News:

Gunakan Pestisida untuk Membasmi Kutu Rambut, Dua Bocah di Boyolali Tewas

Dua anak di Boyolali meninggal diduga akibat keracunan pestisida pembasmi hama tanaman yang digunakan mengobati kutu rambut.

Editor: rika irawati
Net
Ilustrasi Racun Mematikan 

TRIBUNJATENG.COM, BOYOLALI - Dua anak di Boyolali meninggal diduga akibat keracunan pestisida pembasmi hama tanaman yang digunakan mengobati kutu rambut. Sementara, dua korban lain, masih menjalani perawatan di rumah sakit.

Pihak kepolisian Boyolali masih mendalami kasus tragis yang menimpa ibu dan ketiga anaknya tersebut meskipun pihak keluarga korban menolak untuk dilakukan otopsi.

Keempat korban yang merupakan warga RT 02 RW 05, Tegal Ombo, Kelurahan Kiringan, tersebut adalah Akhir Rustiyani (35), Khamila (95), Qulan Shaqilla (9), Klarissa (12).

Qoulan Shaqilla meninggal dunia Sabtu (26/8/2017). Sementara, sang adik, Shaqilla (5), meninggal Minggu pagi (27/8/2017). Sedangkan sang ibu dan puteri sulungnya, hingga saat ini masih menjalani perawatan di RSUD Pandanarang, Boyolali.

(Baca: Puluhan Karyawannya Diduga Keracunan Makanan, Perusahaan Garmen Ini Bertindak Cepat)

Menurut Kasatreskrim Polres Boyolali, AKP Miftkakhul Huda, peristiwa tersebut terjadi pada Jumat malam (25/8/2017), saat Rustiyani dan ketiga puterinya hendak menghilangkan kutu dirambut.

Salah satu tetangga pun membantu keluarga Rustiyani mengoleskan obat kutu rambut yang diduga merupakan sisa pestisida untuk hama tanaman.

Setelah itu, Rustiyani dan anak-anaknya merasa mual dan pusing, dan kondisi tidak membaik langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Sejumlah saksi sudah kami periksa dan kita amankan botol diazinon yang diduga dioleskan ke rambut korban untuk mengusir kutu. Serta, kami koordinasi dengan dinas BPOM untuk melakukan penelitian sisa insektisida,"kata AKP Miftakhul Huda, Kasatreskrim Polres Boyolali, Senin (28/8/2017).

(Baca: Keracunan Makanan? Kenali Gejala dan Ketahui Cara Mengatasinya)

Huda menambahkan, didapat informasi dari keterangan saksi, korban mencampur cairan insektisida dengan air.

"Terkait pemeriksaan terhadap korban selamat masih belum bisa dilakukan karena masih menjalani perawatan dan pihak keluarga menyatakan menolak untuk melakukan otopsi. Pihak keluarga mengaku ikhlas dan tidak ingin menuntut siapapun," kata Huda. (Kompas.com)

Berita ini sudah tayang di Kompas.com, Senin (28/8/2017), dengan judul: Gunakan Pestisida untuk Basmi Kutu Rambut, 2 Anak di Boyolali Tewas

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved