Breaking News:

Undip Melepas Keberangkatan 25 Mahasiswanya Ikut Program Ekspedisi Nusantara Jaya

Sebanyak 25 mahasiswa Undip yang terpilih menjadi peserta Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) hari ini mengikuti pelepasan.

Penulis: Nur Rochmah | Editor: iswidodo
tribunjateng/ist
Sebanyak 25 mahasiswa Undip yang terpilih menjadi peserta Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) hari ini mengikuti pelepasan. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Nur Rochmah

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Sebanyak 25 mahasiswa Undip yang terpilih menjadi peserta Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) hari ini mengikuti pelepasan.

Kontingen dilepas langsung oleh Prof Dr Singgih Tri Sulistiyono MHum, selaku wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan Fakultas Ilmu Budaya serta Dr. Ir. Suradi MS, wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Kegiatan ini berlangsung di ruang litigasi Fakultas Hukum Universitas Diponegoro, Kamis (31/8/2017).

"Kegiatan ENJ merupakan suatu kegiatan besar, yang menjadi salah satu awalan bagi kementerian koordinator bidang kemaritiman, untuk melakukan aksi nyata menuju poros maritim dunia," ujar Prof Singgih pada rilis yang dikirim kepada tribunjateng.com, Kamis.

Tahun 2017 merupakan tahun ketiga ENJ diselenggarakan oleh kementerian koordinator bidang kementerian Republik Indonesia. Keanggotaan ENJ sendiri di tahun ini terdiri atas kelompok mahasiswa, kelompok pemuda atau umum, dan kelompok siswa.

Kegiatan ini melibatkan generasi muda pilihan. Terhitung sebanyak 3.068 orang dari Sabang sampai Merauke yang terpilih menjadi peserta ekspedisi ini.

Para generasi muda ini akan melakukan pelayaran dan kegiatan sosial kemasyarakatan di pulau-pulau terdepan, terpencil dan daerah perbatasan Indonesia. Dan mereka akan dituntut agar saling bersinergi untuk membangun negeri menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, Ahmad Habibi Putra selaku koordinator kontingen tim ENJ Undip menuturkan, ENJ 2017 ini merupakan tahun pertama Undip mengirimkan perwakilan golongan mahasiswa.
"Dari mahasiswa Undip sendiri sangat antusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami berharap dari Undip khususnya dapat terus memberikan partisipasinya dalam kegiatan pengabdian dan menumbuhkan rasa cinta dan semangat membangun negeri," ujar Ahmad.

Penyeleksian mahasiswa calon peserta dilakukan oleh perguruan tinggi masing-masing sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

Peserta ENJ dari Undip ini akan mengikuti pelayaran dan kegiatan sosial kemasyarakatan selama kurang lebih 21 hari, yang tentunya akan disinergikan dengan program akademik perguruan tinggi.

Kegiatan akan diselenggarakan pada tanggal 3-24 September mendatang. Lokasi tujuannya adalah di Desa Kuta, Kecamatan Kanatang, Sumba timur, Nusa Tenggara Timur. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved