Breaking News:

Kekerasan Terhadap Wartawan

Tiga Oknum Satpol PP Banyumas Jadi Tersangka Pengeroyokan Wartawan. Ini Peran Mereka

Tiga oknum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Banyumas ditetapkan sebagai tersangka kasus pengeroyokan dan penganiayaan terhadap wartawan

Editor: muslimah
Sejumlah wartawan memperlihatkan baju Darbe Tyas Waskitha, jurnalis Metro TV yang penuh dengan bekas tapak sepatu aparat yang menginjak-injak dirinya saat meliput aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Banyumas, Senin (9/10/2017) malam.(KOMPAS.com/Iqbal Fahmi) 

TRIBUNJATENG.COM - Tiga oknum Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Banyumas ditetapkan sebagai tersangka kasus pengeroyokan dan penganiayaan terhadap wartawan Metro TV, Darbe Tyas, Jumat (13/10/2017).

Ketiga oknum Satpol PP tersebut berinisial ES, HC dan YA.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Banyumas, AKP Djunaidi mengatakan, ES berstatus pegawai negeri sipil (PNS), sedangkan dua orang lainnya merupakan tenaga non-PNS.

“Mereka berperan ada yang mendorong dan ada yang menyeret. Tetapi berdasarkan pengakuan mereka, bahwa mereka tidak tahu bahwa korban adalah rekan kita wartawan," kata Djunaidi.

Meski menjadi tersangka, ketiganya tidak ditahan untuk saat ini. Menurut Djunaidi, pihaknya tetap berpedoman pada Pasal 21 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana yang mengatur penahanan.

"Nanti akan kami gelar apakah ada potensi untuk mengulangi perbuatan, menghilangkan alat bukti, atau melarikan diri. Itu (penahanan) adalah subjektivitas penyidik," jelasnya.

Djunaidi menjelaskan, penetapan tersangka dilakukan setelah penyidik memeriksa sembilan orang saksi.

Alat bukti lain, yakni keterangan ahli berupa visum et repertum, serta surat penetapan beberapa barang bukti yang dimintakan ke Pengadilan Negeri Purwokerto.

Barang bukti tersebut di antaranya video, foto, baju, kamera dan lain-lain.

“Ketiga oknum Satpol PP tersebut bakal dijerat Pasal 170 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana juncto Pasal 351 KUHP dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara,” jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved