Liputan Khusus

Misteri Brown Canyon Dulu Favorit Wisatawan Selfie Kini Berubah Jadi Sepi

Misteri Brown Canyon Dulu Favorit Wisatawan Selfie Kini Berubah Jadi Sepi. Lokasi berada di Rowosari, Tembalang, Kota Semarang

Misteri Brown Canyon Dulu Favorit Wisatawan Selfie Kini Berubah Jadi Sepi
tribunjateng/dok
Brown Canyon objek wisata bekas galian c di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bekas penambangan galian C di Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, atau akrab disebut 'Brown Canyon', sempat menjadi objek wisata spot selfie yang digemari masyarakat. ‎

Dalam kurun waktu 2014-2016, seiring dengan boomingnya media sosial (medsos) Instagram, Brown Canyon banyak dikunjungi wisatawan untuk sekadar berswafoto.

"Sekarang memang tak seramai dulu, pengunjung yang datang sudah jauh berkurang," kata Ragil (35), warga sekitar, yang kebetulan sedang bermain di lokasi, kepada Tribun Jateng, akhir pekan lalu.

Saat booming dulu, menurut dia, Brown Canyon tak pernah sepi pengunjung. Hampir setiap waktu, ada saja pengunjung yang ingin mengabadikan keindahan bekas tambang tersebut.

Abhar Menduga Irwan Tewas Saat Ditendang ke Jurang Brown Canyon, Faktanya Mengejutkan
Brown Canyon (tribunjateng/dok)

"Di sini, yang jadi objek favorit untuk berswafoto atau selfie ya ini, dua pilar yang berdampingan, yang di bawahnya ada genangan air," ucapnya.

Ragil menuturkan, sepinya pengunjung itu bisa jadi wisatawan yang telah berkunjung enggan kembali ke sana, lantaran kondisi di lapangan tak seind‎ah yang mereka bayangkan.

"Kalau di gambar-gambar memang kelihatan bagus. Cuma, kalau sudah di lokasi bisa jadi terbersit pikiran 'oalah, jebul mung ngene tok (oalah, ternyata cuma seperti ini-Red)'. Itu juga yang saya rasakan saat awal-awal ini booming," tuturnya.

Terlebih, dia menambahkan, akses untuk menuju lokasi memang tak mudah. Sebab, Brown Canyon sejatinya masih satu area dengan penambangan galian C yang masih aktif sampai saat ini.

Sehingga, akses jalan di sekitar lokasi banyak yang bergelombang dan rusak, lantaran tiap ‎saat dilalui truk-truk pengangkut material hasil galian C.

FOTO black canyon di Mranggen Demak Semarang. Teater Emka Akan Pentaskan Kegelisahan Warga Sekitar Galian C
Brown canyon dekat Mranggen Demak.  (TRIBUNJATENG.COM/dok)

"Sebenarnya kalau musim hujan akan kelihatan lebih bagus saat difoto. Sebab, tumbuhan yang ada di dua tebing atau dua pilar itu tampak lebih hijau, jadi kelihatan lebih hidup gambarnya. Tapi ya itu kendalanya, akses jalan jadi semakin sulit, karena becek," papar warga Klipang, Sendangmulyo, Tembalang, Semarang itu.

Halaman
12
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved