Liputan Khusus

ANALISIS: SPG Bispak Dampak Komodifikasi Hasrat

Kisah Ferin Diah Anjani (21 tahun), gadis cantik yang berprofesi sebagai SPG event ditemukan dalam keadaan tewas

ANALISIS: SPG Bispak Dampak Komodifikasi Hasrat
Ilustrasi SPG
SPG 

Oleh Amirudin

Dosen Antropologi FIB Undip

TRIBUNJATENG.COM - Kisah Ferin Diah Anjani (21 tahun), gadis cantik yang berprofesi sebagai SPG event ditemukan dalam keadaan tewas, hangus terbakar di hutan jati Desa Sendang, Kunduran, Blora pada 1 Agustus lalu adalah contoh bagaimana seorang gadis menjadi korban ketika ia masuk dalam dunia kerja yang tengah berada dalam peradaban ekonomi libidinal.

Gadis yang jenazahnya sempat sulit diidentifikasi itu dibunuh pria berusia 31 tahun yang tidak lain adalah teman kencan korban.

Istilah ekonomi libidinal sebenarnya merujuk pada pemikiran freud tentang libido sebagai unsur kepribadian dalam tubuh yang lebih berkenaan dengan kesenangan dan kebebasan.

Sistem ini punya logika menawarkan bentuk-bentuk transaksi metaforis yang lebih bebas yang sangat toleran terhadap bentuk-bentuk kesenangan dan kebebasan dalam kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi.

Sistem ini menjadikan gairah sebagai inti yang menggerakan kegiatan ekonomi. Secara metaforis, ia diibaratkan sebagai bentuk-bentuk pertukaran, investasi, atau divestasi dari gairah-gairah yang dimiliki produsen dan konsumen.

Semua gairah itu merupakan kapital yang dapat dikomodifikasi dan dipertukarkan menjadi uang.

Dalam sistem kapitalisme, ekonomi libidinal bisa disebut sebagai perkembangan terbaru periode passionate capitalism (kapitalisme gairah) yang makin menguat di abad 21.

Sistem ini punya tugas menggali setiap gairah berupa rangsangan, getaran, dan hasrat ekonomi, serta memperhalus dan meningkatkan daya tarik dan daya pesona produk. Hal itu dilakukan dengan cara meningkatkan mutu layanan, kemasan, dan pengiriman.

Halaman
12
Editor: Catur waskito Edy
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved