Riasan Tipis Korean Make Up yang Bikin Wajah Makin Ayu

Dan yang unik Korean make up itu adanya aegyopsal, atau artinya itu kantong mata. Jadi mereka menganggap bahwa

Riasan Tipis Korean Make Up yang Bikin Wajah Makin Ayu
YOUTUBE
ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Terdapat berbagai macam gaya dalam make up wanita dan biasanya dibagi berdasarkan negara. Ada American make up, Korean make up, Indian make up, Arab make up, dan berbagai negara lain. Saat ini, di Indonesia sedang tren Korean make up di kalangan remaja hingga dewasa.

Menurut Riri Vidola, Make Up Artist (MUA) khusus wisuda itu, Korean make up memang sedang menjadi tren karena khas dengan gaya natural. Perbedaan dengan American make up terdapat pada bentuk alis, warna blush on, shading, pemilihan jenis lipstick, bentuk eyeliner, pemakaian bulu mata, dan pemilihan warna palet eyeshadow.

“Dan yang unik Korean make up itu adanya aegyopsal, atau artinya itu kantong mata. Jadi mereka menganggap bahwa adanya kantong mata itu lebih lucu. Sedangkan di American make up itu kantong mata yang paling berusaha dihilangkan atau ditutupi,” kata sarjana sains itu.

Menurutnya, make up disesuaikan lagi dengan bentuk wajah dan karakter diri sendiri. Karena setiap orang memiliki karakter yang berbeda dan memunculkan make up yang berbeda pula. Make up itu termasuk selera, kenyamanan bagi pengguna juga merupakan hal yang penting. Misalkan make up sudah bagus dengan produk yang bagus, tapi tidak nyaman digunakan tetap akan memberikan kesan yang kurang bagus.

“Aku personal sih lebih suka Korean make up, karena cocok dengan bentuk wajah aku yang memang oriental kan sebagai orang Indonesia. Karena jika American make up itu lebih tegas rahang dan garis wajahnya dan aku nggak ngerasa cocok dengan gaya seperti itu,” ujarnya.

Selaras dengan Riri, Irma Aulia juga lebih menyukai Korean make up yang menurutnya memang natural. Bagi siswa yang masih duduk di kelas dua SMA itu, American make up terlalu menor untuk diaplikasikan pada wajahnya. Sehingga tidak cocok untuk digunakan sehari-hari, apalagi bersekolah.

“Aku sukanya yang simpel gitu dan terutama nggak bikin ribet. Aku juga cuma pakai pelembab, sun screen, terus foundation atau BB cream. Kadang pakai cream blush kadang juga nggak. Pakai vaseline pelembab bibir terus terakhir lip cream, udah deh,” katanya.

Justru jika menggunakan American make up, ia menjadi tidak percaya diri karena kelihatan terlalu menonjol make upnya. Sementara Irma lebih menyukai make up natural yang tidak begitu kentara, tapi cukup membuat wajahnya tidak terlihat pucat.

“Aku juga masih belajar buat pakai make up sih. Awalnya aku hanya lihat tutorial make up di Instagram waktu lulus SMP mau masuk ke SMA. Dari situ mulailah beli alat make up yang simpel dan coba buat aplikasiin ke wajah aku, itu pun tidak sampai ke eye make up. Jadi masih terbatas wajah dan bibir saja,” ujar gadis asal Kendal itu.

Sementara Nadya Meitari, atau yang biasa dipanggil Ayi, lebih cenderung menggunakan American make up. Dengan smokey eye make up dan shading yang mempertegas bentuk wajahnya. Gadis yang memiliki keturunan Arab itu kurang cocok dengan Korean make up yang lebih terkesan polos. Ia lebih memilih warna gelap dan menimbulkan kesan bold atau tegas dalam wajahnya.

Ia menambahkan Korean make up hasil akhirnya lebih dewy atau lembab dan glowing. Hasil tersebut yang kurang disukai Ayi karena jenis kulitnya sudah berminyak. Sehingga ketika menggunakan Korean make up akan terkesan sangat berminyak, dan lebih cocok menggunakan American make up yang hasil akhirnya lebih matte atau tidak berkilau. Menurutnya, jika jenis kulit normal sampai kering akan cocok dengan Korean make up karena membuat kulit menjadi lebih dewy. Justru ketika jenis kulit kering menggunakan kosmetik yang sifatnya matte akan membuat make up menjadi lebih kering dan pecah.

“Tapi aku juga kadang mengambil satu sampai dua teknik Korean make up juga sih. Jadi nggak menutup kemungkinan orang yang suka Korean make up akan ambil beberapa teknik American make up. Pada dasarnya sih tergantung selera masing-masing ya dan tentu saja cocok dengan kulit,” ujar gadis yang mulai membuka jasa MUA semenjak selesai kuliah itu. (tribunjateng/cetak/ifp)

Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved