Pemkab Karanganyar Diminta Genjot PAD Melalui Parkir dan Pajak Restoran

Terdapat sejumlah catatan yang disampaikan legislatif terhadap RAPBD 2018

Pemkab Karanganyar Diminta Genjot PAD Melalui Parkir dan Pajak Restoran
Istimewa Kominfo
Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan fraksi di gedung DPRD Karanganyar, Senin (24/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yasmine Aulia

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - DPRD Kabupaten Karanganyar telah menerima dan menyetujui Rancangan Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RPAPBD) 2018 Pemkab setempat.

Namun, terdapat sejumlah catatan yang disampaikan legislatif terhadap RAPBD tersebutyang disampaikan melalui Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian pemandangan fraksi di gedung DPRD Karanganyar, Senin (24/9/2018).

Fraksi demokrat dengan juru bicara Priharyadi mengayatakan, pemerintah perlu terobosan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) yakni dari parkir dan pajak restoran.

Selain itu, fraksi demokrat juga menyoroti dalam musim jeda banyak pelajar yang keluyuran sampai Tawangmangu.

“Pada saat weekend, ada peningkatan jumlah wisata sehingga ada beberapa titik yang mengalami kemacetan. Hal itu perlu ada petugas untuk mengatur,” ungkap Priyadi.

Sementara dari Fraksi Gerindra amanat, Setiawan Dibroto mengatakan tahun 2018 efektif tinggal tiga bulan. Pihaknya meminta semua anggaran hendaknya terserap dengan baik. Fraksi Gerindra amanat juga menyoroti penerapan anggaran bantuan desa dan hibah yang belum direalisasikan.

Sedangkan Fraksi Golkar melalui juru bicara Anung mengatakan kemampuan anggaran APBD sangat terbatas sehingga pihaknya meminta pemerintah untuk mencari torobosan. Termasuk serapan anggaran yang belum maksimal diharapkan bisa dioptimalkan.

Selain itu, e-parkir untuk RSUD juga belum diterapkan. Menurutnya, jika itu dilaksanakan maka pendapatan daerah juga akan meningkat. (jje)

Penulis: Yasmine Aulia
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved