Mengenal Refugia, Tanaman Bunga Cantik yang Bisa Kendalikan Hama

Hama selama ini dianggap musuh bagi para petani karena merusak tanaman pertanian hingga menurunkan produktivitas lahan

Mengenal Refugia, Tanaman Bunga Cantik yang Bisa Kendalikan Hama
Tribunjateng.com/Khoirul Muzaki
Refugia dibudidayakan di kebun percobaan fakultas pertanian Unsoed. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khoirul Muzakki

TRIBUNJATENG.COM, BANYUMAS - Hama selama ini dianggap musuh bagi para petani karena merusak tanaman pertanian hingga menurunkan produktivitas lahan.

Beragam cara dilakukan untuk membasmi hama. Petani lebih banyak memilih cara instan menggunakan pestisida atau insektisida.

Dengan racun tersebut, pertumbuhan hama diharapkan bisa terkendali. Tetapi kenyataannya tidak demikian, meski banyak hama yang terbunuh, hama baru bermunculan secara masif.

Padahal ada cara lain yang lebih ramah lingkungan untuk mengendalikan hama. Di antara teknik pengendalian hama penyakit tanaman adalah dengan memanfaatkan musuh alami.

Musuh alami adalah organisme yang memusuhi hama. Terdapat tiga golongan musuh alami, yakni golongan parasitoid, predator,dan patogen serangga (entomopatogenik).

Dosen Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Unsoed Purwokerto dan sekaligus Praktisi Pertanian Organik, Mujiono mengatakan, petani dapat menanam tumbuhan bunga (Refugia) di sekitar lahan pertanian untuk menarik serangga parasitoid dan predator.

"Refugia dapat menarik serangga parasitoid dan predator untuk datang memakan nektar dan polen, selain itu juga dapat menjadi tempat berlindung mereka,"katanya

Golongan tumbuhan bunga refugia dinilai efektif dapat mengurangi dan mencegah berbagai jenis hama yang menyerang tanaman pertanian seperti padi, jagung, dan sayur-sayuran.

Metode pengendalian hama tanaman dengan cara ini sesuai yang dianjurkan UU No. 2 Tahun 2012, yakni Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Komponen utama PHT adalah pengendalian hayati, yang salah satu tekniknya adalah konservasi musuh alami, sehingga tercipta ekosistem pertanian yang stabil dan lestari.

Halaman
123
Penulis: khoirul muzaki
Editor: muslimah
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved