Pemkab Karanganyar Umumkan Kenaikan Upah Guru Honorer Non PNS

Pemerintah Kabupaten Karanganyar akan memberikan pendapatan lebih layak untuk ribuan tenaga honorer.

Pemkab Karanganyar Umumkan Kenaikan Upah Guru Honorer Non PNS
Istimewa
Upacara peringatan HUT ke-73 Korpri dan PGRI di alun-alun Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (29/11/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Yasmine

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten Karanganyar akan memberikan pendapatan lebih layak untuk ribuan tenaga honorer yang dipekerjakan di sekolah dasar negeri.

"Anggarannya dan aturan sudah dirancang. Tinggal mengaplikasikan semua kesejahteraannya per 1 Januari 2019," ujar Bupati Karanganyar, Juliyatmono, usai menghadiri upacara HUT ke-73 Korpri dan PGRI di alun-alun Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (29/11/2018).

Tahun 2019, Polres Karanganyar Terima Anggaran DIPA Rp 90,3 Miliar

Surat Keputusan (SK) yang dimaksud tersebut diperuntukkan kepada guru pengajar kelas, guru olahraga, guru agama hingga ke tenaga umum (TU) dan penjaga sekolah pada pertengahan 2018.

Menurutnya, sedari dulu jumlah guru belum memenuhi kebutuhan sehingga wiyata bhakti yang ada akan diperhatikan kesejahteraannya.

Ketua PGRI Karanganyar, Aris Munandar mengaku lega penerbitan SK honorer seribuan guru non PNS SDN diikutkan dalam kucuran dana APBD.

Karena sebelumnya tenaga pendidikan diberi honor sesuai kemampuan sekolah. Jumlahnya bervariasi antara Rp 200.000 - 500.000 perbulan.

Ketua DPRD Karanganyar Sumanto Puji Peran Senkom Mitra Polri

"Sebetulnya terjadi ketimpangan antara guru PNS dan non PNS. Karena SK ini baru diberikan ke guru non PNS di SD negeri,"ungkapnya.

Ia mendesak Pemkab memberikan honor perbulan bersumber APBD bagi mereka, bernominal setara UMK dan akan memastikan data penerima SK honorer tersebut valid.

Adapun perjuangan pendapatan terhadap para guru honorer akan dilanjutkan ke jenjang berikutnya, yaitu untuk kesejahteraan para pengajar Sekolah Menengah Pertama (SMP). (*)

Penulis: Yasmine Aulia
Editor: suharno
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved