Kantor Pelayanan Pajak Demak : Lapor SPT Tahunan Melalui E-filing Lebih Mudah

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Demak mengimbau warga Demak agar melaporkan pajak melalui e - filing

Kantor Pelayanan Pajak Demak : Lapor SPT Tahunan Melalui E-filing Lebih Mudah
TRIBUN JATENG/ALAQSHA GILANG IMANTARA
Petugas Pelayanan Pajak sedang melayani pelapor SPT Tahunan E - filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Demak, Rabu (13/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Demak mengimbau warga Demak agar melaporkan pajak melalui e - filing supaya lebih mudah karena bisa diakses dari handphone atau gadget masing - masing maupun datang ke kantor pelayanan pajak Demak jika butuh bantuan.

Kepala KPP Pratama Demak, Sugiyarto melalui Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan, Muhammad Sarifudin mengatakan pelaporan pajak melalui E-Filling lebih mudah karena bisa diakses dari handphone atau gadget masing-masing sehingga antrian tidak menumpuk di kantor pajak.

"Jadi tidak harus ke kantor pajak, tetapi bisa dilakukan di manapun baik di rumah, tempat kerja, cafe, maupun tempat nongkrong melalui website dpjonline.pajak.go.id ,"ujar Sarifudin ditemui di KPP Pratama Demak, Rabu (13/3/2019).

Dia menambahkan, sebelumnya pelapor SPT harus sudah memiliki Electronic Filling Identification Number (EFIN) yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) kepada Wajib Pajak.

"EFIN hanya perlu diaktivasi sekali dan digunakan untuk melakukan pendaftaran atau lupa password pada layanan DJP Online sehingga harap dirahasiakan dan disimpan dengan baik,"imbuhnya.

Cara aktivasi EFIN bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, lanjutnya, pemohon bisa menyampaikan permohonan secara langsung ke KKP Pratama Demak dengan menunjukkan KTP dan kartu NPWP asli sekaligus menyerahkan fotokopiannya serta menuliskan alamat email dan nomor telepon seluler yang aktif.

Dia menjelaskan, pada tahun 2019 KKP Pratama Demak mempunyai target yaitu untuk kepatuhan SPT Tahunan PPh Badan sebanyak 2.296, SPT Tahunan 1770 Orang Pribadi Non Karyawan sebanyak 5.513 dan SPT Tahunan PPh 1770 S untuk karyawan sebanyak 11.546 totalnya 19.355 SPT.

"Tentu untuk mencapai target tersebut, menjadi tantangan tersendiri buat KPP Pratama Demak agar target yang telah dibebankan dapat tercapai,"ungkapnya.

Oleh karena itu, KPP Pratama Demak melakukan sosialisasi setiap Kamis jam 9 - 10 dengan siaran radio di Radio Siaran Kota Wali (RSKW) 104.8 FM dan koordinasi dengan dinas yang ada di Pemkab Demak jemput bola untuk memberikan bimbingan cara mengisi melalui e-filing.

Halaman
12
Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: galih permadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved