1.047 Lembar Surat Suara Pilpres dan DPD RI di Demak Rusak

KPU Demak menemukan 454 kartu Surat Suara Pilpres 2019 dan 593 Surat Suara DPD RI mengalami kerusakan dikarenakan sobek atau terkena noda tinta

1.047 Lembar Surat Suara Pilpres dan DPD RI di Demak Rusak
Tribunjateng/Alaqsha Gilang Imantara
Komisioner KPU Demak Divisi Hukum dan Pengawasan Hastin Atas Asih (tengah) didampingi Komisioner KPU Demak lainnya, Abdul Latif (kiri) dan Siti Ulfaati (kanan) saat Coffe Morning terkait persiapan logistik pemilu 2019 di Rumah Makan Ismun, Rabu (20/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alaqsha Gilang Imantara

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak menemukan 1.047 lembar suarat suara rusak. 

Sejumlah itu terdiri dari 454 lembar Surat Suara Pilpres dan 593 lembar Surat Suara DPD RI, kerusakan dikarenakan sobek atau terkena noda tinta.

Hal itu disampaikan Komisioner KPU Demak Divisi Hukum dan Pengawasan Hastin Atas Asih didampingi Komisioner KPU Demak lainnya, Abdul Latif dan Siti Ulfaati saat Coffe Morning terkait persiapan logistik pemilu 2019 di Rumah Makan Ismun, Rabu (20/3/2019).

Dia menjelaskan, keseluruhan untuk surat suara Pilpres dan DPD RI masing-masing berjumlah 894.890 lembar.

"Setelah dilakukan penyortiran, kami temukan ada surat suara yang rusak. Rusaknya karena terkena noda dan robek. Jadi bukan rusak karena tercoblos,"ujar Hastin Atas Asih di Rumah Makan Ismun, Rabu (20/3/2019).

Terkait surat suara yang rusak, lanjutnya, pihaknya telah melaporkannya ke KPU RI dan meminta untuk segera dikirim penggantinya.

"Untuk surat suara DPR RI sejumlah 894.890 yang diterima KPU Demak tanggal 18 Maret 2019 , hingga saat ini masih dilaksanakan penyortiran dan pelipatan," sambung dia.

Sementara, untuk surat suara DPRD Provinsi sudah dikirim, tapi baru 50 persen yakni sebanyak 475.000 lembar. Namun untuk surat suara DPRD kabupaten belum dikirim.

"Kami berharap untuk kekurangan surat suara DPRD Provinsi maupun surat suara DPRD kabupaten yang belum diterima KPU Demak, secepatnya dikirim agar segera bisa dilaksanakan penyortiran dan pelipatan,"ucapnya.

KPU Demak berharap secepatnya dikirim, karena sebelum tanggal 30 Maret penyortiran dan pelipatan surat suara harus sudah selesai untuk selanjutnya didistribusikan ke PPK. (agi)

Penulis: Alaqsha Gilang Imantara
Editor: m nur huda
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved